Kode Etik

Kode Etik PT. Sophie Paris Indonesia (Perusahaan) ini disusun sebagai dasar peraturan untuk para mitra usaha (Member) dalam menjalankan kegiatan usaha dengan sistem Penjualan Langsung (Direct Selling) yang dikembangkan oleh Perusahaan sehingga tercapai maksud dan tujuan sebagai berikut:

a. Menjadi pedoman dan panduan bagi para Member dalam menjalankan bisnis.
b. Menjelaskan dan mengatur hubungan antara Perusahaan dengan Member.
c. Menjelaskan mengenai peraturan dan etika yang harus ditaati dalam menjalankan bisnis.
d. Menjaga dan melindungi kepentingan Perusahaan dan Member.
e. Memastikan peluang yang sama untuk Member melalui bisnis yang beretika dan dapat dipertanggungjawabkan.
f. Mengatur dan melindungi kepentingan hukum Perusahaan dan Member dari tindakan yang dapat menyebabkan dan/atau berpotensi timbulnya
kerugian terhadap Perusahaan dan/atau Member lain.
g. Menyatakan dan mengatur hak, kewajiban, tugas dan tanggung jawab Member.
h. Memproteksi dan membangun lingkungan bisnis yang kondusif untuk bisnis Sophie Paris yang berjangka panjang dan menguntungkan.

Peraturan yang lebih jauh akan diuraikan dalam Kode Etik ini hanya berlaku untuk kegiatan usaha Perusahaan, baik dalam hubungan antar sesama Member maupun dengan Perusahaan. Dengan demikian seluruh Member harus dan wajib untuk tunduk dan menaati setiap peraturan yang ada dalam Kode Etik ini.

 

Pasal 1. Definisi

  1. Perusahaan adalah PT. Sophie Paris Indonesia, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang usaha perdagangan produk dengan sistem penjualan langsung (Direct Selling), dan berkantor pusat di Gedung Sophie Paris, di Jl. Adhyaksa Raya No. 33, Cilandak, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
  2. Produk adalah barang-barang yang dimuat dalam katalog yang diterbitkan oleh Perusahaan dan dapat diperbaharui sewaktu-waktu untuk dijual oleh para Member secara langsung melalui jaringannya di wilayah Republik Indonesia berdasarkan harga yang ditentukan oleh Perusahaan dalam sistem Penjualan Langsung
  3. Member adalah Mitra Usaha Perusahaan yang telah mendaftarkan diri dengan keinginannya sendiri sebagai anggota sesuai dengan ketentuan pendaftaran yang berlaku dan telah disetujui oleh Perusahaan sehingga memiliki hak untuk membeli dan menjual/memasarkan produk dalam jaringan pemasaran yang dimiliki dan dikembangkan oleh Perusahaan dengan mendapatkan komisi dan/atau bonus serta fasilitas-fasilitas lain yang disediakan oleh Perusahaan.
  4. Downline adalah seseorang yang direkrut oleh Member.
  5. Upline / Sponsor adalah seseorang yang telah merekrut Member ke dalam jaringannya.
  6. Jaringan adalah beberapa Member yang berada pada satu kelompok anggota yang bersangkutan dan akan mendapatkan pengawasan, pengendalian, dan pembinaan secara langsung dari Upline / Sponsornya.
  7. Member Aktif adalah Member yang mencapai Total Pembelanjaan Sendiri (TPS) senilai Rp 500.000 setiap bulan.
  8. ID Member adalah nomor keanggotaan seorang Member yang merupakan identitas Member dalam menjalankan kegiatan usahanya, dan dapat digunakan untuk berbelanja di website resmi www.sophieparis.com atau website replika salah satu Member Sophie Paris.
  9. Kartu Anggota adalah tanda pengenal yang diberikan oleh Perusahaan kepada Member sebagai bukti keanggotaan dan dipakai sebagai alat untuk berhubungan dengan Perusahaan dan Member dalam menjalankan aktivitas bisnis sebagai mitra usaha Perusahaan.
  10. Katalog adalah media cetak yang diterbitkan setiap bulan oleh Perusahaan dan memuat produk-produk, manfaat, serta harga dari produk yang diperdagangkan oleh Perusahaan melalui sistem penjualan langsung melalui jaringannya (Member).
  11. Welcome Kit adalah paket yang dapat dibeli untuk menjadi Prefered Member baru yang berisi Welcome Booklet, Kartu Member, katalog, dan tas, yang sewaktu-waktu berubah sesuai dengan kebijakan Perusahaan.
  12. Formulir Registrasi adalah formulir yang wajib diisi saat pendaftaran oleh setiap calon Member dengan data yang sebenarnya sebelum yang bersangkutan diterima menjadi Member yang tersedia pada aplikasi online Perusahaan.
  13. Prefered Member adalah beberapa macam level/tingkatan tertentu dalam jaringan keanggotaan yang memiliki keuntungan lebih seperti discount 30%, dapat memperoleh bonus, serta Upline/Sponsor yang tidak bisa berubah, dan lain sebagainya disesuaikan dengan level/ tingkatannya.
  14. Peringkat adalah jenjang karir Member dalam usaha Sophie Paris dengan urutan sebagai berikut:
  1. Fans.
  2. Social Seller.
  3. Networker.
  4. Marketer.
  5. Influencer.
  6. Entrepreneur.
  7. Ambassador Bronze.
  8. Ambassador Silver.
  9. Ambassador Gold.
  10. Ambassador Diamond.
  11. Ambassador Platinum.

15. Garis Sponsorisasi adalah Organisasi struktural yang terbangun karena adanya hubungan atas dasar perjanjian dari setiap Member dengan Perusahaan.
16. Bonus adalah penghargaan finansial (komisi) yang diberikan setiap bulan oleh Perusahaan kepada seorang Member yang berhak memperolehnya karena telah memenuhi ketentuan dan/atau syarat-syarat yang ditentukan oleh Perusahaan.
17. Harga Katalog adalah harga jual produk sebagaimana tercantum pada katalog, dan di tunjukan kepada konsumen (non-Member) / Fans.
18. Harga Member adalah harga setelah discount 30% untuk peringkat prefered member ke atas.
19. Sophie Pay adalah dompet online yang disediakan Perusahaan bagi Member yang memiliki akun online untuk memudahkan berbagai transaksi online.
20. Media Sosial milik Perusahaan adalah media online yang dikembangkan, dibina, dan dipergunakan oleh Perusahaan untuk kepentingan Perusahaan yang bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara Perusahaan dengan Membernya yang terdapat di Facebook, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

 

Pasal 2. Menjadi Member

  1. Untuk menjadi Member harus disponsori oleh seseorang yang telah dan masih menjadi Member sebagai Upline/Sponsor. Setiap calon Member berhak menentukan sendiri siapa yang akan menjadi Upline/Sponsor.
  2. Persyaratan untuk menjadi Member:

a. Warga Negara Indonesia yang minimal berusia 17 (tujuh belas) tahun atau telah menikah.
b. Disponsori oleh orang yang masih terdaftar dan aktif menjadi Member.
c. Wajib mendaftar dengan mengisi Formulir Registrasi di www.sophieparis.com / melalui fitur Gabung /rekomendasi (online referral) dari Member melalui SMS.
d. Memberikan foto copy KTP yang terbaru serta masih berlaku, Kartu Keluarga, dan NPWP.
e. Mengajukan permohonan pendaftaran melalui cara-cara yang tersedia.
f. Dapat membeli Welcome Kit untuk menjadi Prefered Member.
g. Merupakan mitra mandiri Perusahaan dan bukan karyawan Perusahaan/perusahaan penjualan langsung lainnya/atas nama perusahaan / badan usaha / perkumpulan.
h. Tidak pernah diberhentikan / ditutup ID Membernya oleh Perusahaan karena tindakan pelanggaran tertentu dan / atau sedang menjalani masa hukuman karena pelanggaran atas peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
i. Memberikan foto copy buku tabungan atas nama Member yang bersangkutan, bukan nama orang lain.

  1. Proses pendaftaran Member:

Member dapat melakukan pendaftaran melalui 1 (satu) dari 3 (tiga) cara yang tersedia, yaitu melalui fitur GABUNG, Online Referral, atau SMS sebagai berikut:

Cara daftar melalui fitur GABUNG:

1. Tahap pertama, buka www.sophieparis.com dan masuk ke halaman GABUNG kemudian isi biodata.
2. Tahap kedua, verifikasikan data dan nomor handphone melalui SMS:

a. Verifikasi Member baru hanya melalui SMS saja.
b. Bagi Member baru yang belum melakukan verifikasi nomor Handphone maka tidak bisa mengikuti Program berhadiah seperti Welcome Program, dan lain-lain.

3. Di tahap ketiga, pilih Upline/Sponsor:

a. Jika calon Member sudah mengenal siapa Upline/Sponsor nya, masukkan ID Member Upline/Sponsor di kolom "Pilih temanku Member Sophie sebagai Sponsor".
b. Atau, pilih Business Center terdekat, dengan cara cari berdasarkan provinsi dan kota, kemudian pilih salah satu yang terdekat dengan alamat.

Jika 3 tahap tadi sudah diselesaikan, maka Member sudah bisa langsung belanja online.

Cara daftar melalui Online Referral:

1. Setelah calon Member klik link referral dari calon Upline/Sponsor, maka akan masuk ke halaman pendaftaran Member baru.
2. Disini, hanya ada 2 tahap yang akan dilalui yaitu tahap isi biodata dan verifikasi.
3. Tahap 3 tidak akan ditemui, karena ketika link referral dibuka dari calon Upline/Sponsor, maka secara otomatis orang tersebut yang akan menjadi Upline/Sponsor nya.
4. Setelah tahapan di atas sudah selesai, Member sudah bisa langsung belanja online.

Cara daftar melalui SMS:

1. Kirim SMS ke 95899 dengan format berikut: SOPHIE[spasi]NamaLengkapMemberBaru#NomorIDSponsor#NomorKTPMemberBaru#NomorHandphoneMemberBaru.
2. Member baru akan menerima SMS konfirmasi.
3. Jika SMS dikirimkan menggunakan nomor Handphone Upline/Sponsor, maka Upline/Sponsor akan mendapatkan SMS konfirmasi bahwa data yang dikirimkan sudah benar atau tidak, dan telah berhasil dikirimkan atau tidak.
4. Kemudian, klik link dalam SMS atau log in di www.sophieparis.com menggunakan Member ID dan password yang ada dalam SMS.
5. Member dapat mengganti passwordnya pada menu Akun Saya.

4. Seorang calon Member yang telah mengajukan permohonan keanggotaan dan disetujui pendaftarannya oleh Perusahaan, maka Member tersebut telah sepakat untuk mematuhi peraturan yang terdapat dalam Kode Etik Member berikut perubahan-perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh Perusahaan.
5. Pengajuan pendaftaran keanggotaan melalui salah satu fitur di atas oleh calon Member akan dianggap sebagai tanda bukti pengajuan diri sebagai anggota jaringan Perusahaan secara sukarela, dan semua data yang diterima oleh Perusahaan akan menjadi milik Perusahaan sepenuhnya dan hanya digunakan untuk kepentingan Perusahaan.
6. Dalam mengajukan permohonan pendaftaran keanggotaan, calon Member tidak dibenarkan menggunakan data yang tidak sesuai dengan data dirinya sendiri seperti halnya menggunakan nama pihak ketiga.
7. Hak keanggotaan dan ID Member hanya milik Member yang bersangkutan dan tidak bisa digunakan oleh orang lain. Segala hal yang timbul terkait dengan diri Member sendiri, Perusahaan, atau pihak ketiga lainnya terkait dengan kesalahan, kelalaian dan/atau kesengajaan dalam mengisi dan memberikan data keanggotaan dan/atau penyalahgunaan ID Member menjadi tanggung jawab Member pribadi dan atas kelalaiannya Member akan dijatuhi sanksi oleh Perusahaan.
8. Perusahaan mempunyai hak untuk segera menghentikan status keanggotaan seorang Member, apabila Member tersebut telah dengan sengaja memberikan informasi yang tidak akurat kepada konsumennya/pihak ketiga lainnya baik mengenai sistem penjualan langsung, jaringan yang dikembangkannya, produk yang dipasarkan, dan/atau Perusahaan.

 

Pasal 3. Keanggotaan

  1. Setiap calon Member dapat mendaftar untuk menjadi Member melalui cara dan media yang tersedia, namun bagi yang ingin menjadi Prefered Member dapat membayar biaya pendaftaran dan mendapatkan Welcome Kit.
  2. Besarnya biaya pendaftaran yang dibayarkan oleh calon Member ditentukan oleh perusahaan dan dicantumkan dalam Welcome Booklet dan sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan dan perubahan tersebut akan diberitahukan secara resmi dalam media komunikasi yang sudah disediakan oleh Perusahaan.
  3. Setiap calon Member yang sudah membayar biaya pendaftaran akan mendapatkan Welcome Kit yang berisi: Welcome Booklet, Kartu Member, katalog dan tas, yang sewaktu-waktu berubah sesuai dengan kebijakan Perusahaan.
  4. Jangka waktu keanggotaan Member adalah 12 bulan, dengan ketentuan tercatat sebagai Member aktif yang melakukan pembelanja minimal senilai Rp 500.000, - (Harga Member). Jika tidak berbelanja selama 12 bulan maka akan kembali ke peringkat Fans, dan dapat dihapuskan dari database Perusahaan apabila masih tidak aktif untuk 12 bulan berikutnya.
  5. Perusahaan Memberikan tenggang waktu selama 10 (Sepuluh) hari kerja kepada calon Member untuk memutuskan menjadi Member atau membatalkan pendaftaran.  
  6. Apabila calon Member membatalkan pendaftaran sebelum lewat tenggang waktu di atas, maka calon Member yang sudah membeli Welcome Kit dapat mengembalikan Welcome Kit yang telah diperoleh dalam keadaan baik seperti semula serta layak jual, dan untuk itu calon Member berhak untuk mendapat pengembalian biaya pendaftaran yang telah dibayarkannya sebanyak 100% yang akan dikirimkan ke rekening calon Member.
  7. Seluruh perubahan data Member harus disampaikan melalui Formulir Perubahan Data yang telah disiapkan Perusahaan, termasuk apabila terjadi kesalahan pengisian pada saat pendaftaran.
  8. Setiap Member hanya diizinkan untuk memiliki 1 (satu) ID Member dan satu titik usaha. Apabila ditemukan pendaftaran ganda, Perusahaan akan mengambil tindakan tegas dan membatalkan ID Member yang baru didaftarkan dan membatalkan pemberian bonus / reward yang telah dicapai.
  9. Untuk Member yang sudah kadaluarsa, maka dapat mendaftar kembali dengan prosedur yang diatur dalam Pasal 2 diatas dan selanjutnya akan diproses sebagai Member baru, dibawah Upline/Sponsor yang sama atau dibawah Upline/Sponsor lain. Dalam hal dibawah Upline/Sponsor lain maka Member tersebut akan diberlakukan tenggang waktu 6 bulan dengan status keanggotaan sebagai Member baru dan Member tidak berhak terhadap peringkat / posisi dalam jaringan sebelumnya yang telah ada.

 

Pasal 4. Sponsorisasi

  1. Hubungan antara Member dengan Upline/Sponsor merupakan dasar dari pemasaran penjualan Perusahaan dan dasar dari peraturan perusahaan yang bertujuan untuk melindungi hak-hak Upline/Sponsor. Perubahan dalam kesponsoran dianggap merusak keterpaduan Bisnis dan dengan demikian hal tersebut tidak dianjurkan dan hanya diperbolehkan atas dasar dan kondisi-kondisi tertentu yang merupakan keputusan tunggal dan mutlak Perusahaan.
  2. Member yang sudah terdaftar dan memiliki posisi sebagai Downline dari Upline/Sponsor tersebut, tidak diperbolehkan untuk berpindah posisi ke Upline/Sponsor yang lain, atas keinginan sendiri ataupun karena pengaruh dari pihak lain.
  3. Member yang telah melakukan pensponsoran wajib melakukan bimbingan, pelatihan, dan penjelasan yang benar segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis penjualan langsung yang dikembangkan Perusahaan secara baik dan benar terhadap Member yang disponsori;
  4. Member yang melakukan pensponsoran bertanggung jawab untuk mengarahkan Member yang disponsori tersebut dalam hal mematuhi kebijakan dan prosedur yang berlaku.
  5. Upline/Sponsor diharapkan memberikan informasi yang benar dan akurat pada Downline ataupun calon Downline baik dalam hal produk maupun panduan bisnis.
  6. Upline/Sponsor wajib menjelaskan secara akurat dan benar, baik diminta atau pun tidak, kepada downline mengenai segala hak, kewajiban, kebijaksanaan, aturan, program dan promosi Perusahaan sebagaimana yang telah diatur oleh Perusahaan.
  7. Jika Upline/Sponsor akan merekrut Member baru yang akan diletakkan pada posisi Downline Member yang lain, maka Upline/Sponsor harus meminta izin kepada Upline langsung dari Member baru pada posisi jaringan bisnisnya, serta mendapatkan persetujuan tertulis dari Perusahaan.
  8. Para Upline/Sponsor tidak diperbolehkan untuk melakukan tindakan yang dapat menjatuhkan jaringan-jaringan lain yang berada pada posisi Upline/Sponsor yang berbeda;

 

Pasal 5. Kewajiban dan Hak Member

  1. Kewajiban:

  • Menjalankan bisnis secara profesional dan jujur serta sesuai dengan Kode Etik dan peraturan yang telah ditentukan oleh Perusahaan dari waktu ke waktu;
  • Setiap Member wajib untuk melayani pembelanjaan dan pendaftaran calon Member baru dari semua jaringan;
  • Member dalam menjalankan usahanya menjual produk–produk Sophie Paris sesuai dengan ketentuan harga yang tertera pada katalog yang sedang berlaku;
  • Member hanya boleh melakukan pembelian produk–produk dari Perusahaan dan/atau gerai resmi yang ditunjuk oleh Perusahaan atau melalui website resmi www.sophieparis.com;
  • Menjaga nama baik Perusahaan, dengan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak nama baik dari Perusahaan dan mematuhi hokum yang berlaku di Indonesia;
  • Tidak melakukan tindakan yang mengatasnamakan dan/atau seolah sebagai perwakilan dari Perusahaan saat melakukan perbuatan hukum dengan pihak lain;
  • Tidak Memberikan informasi yang berkaitan dengan jaringan, bisnis atau hal lain yang bersifat rahasia Perusahaan kepada pihak lain;
  • Tidak melibatkan Perusahaan terhadap tuntutan, tanggung jawab, kerugian atau hal lain yang timbul akibat aktivitas dari setiap anggota;
  • Untuk tidak menyatakan dirinya atau orang lain memiliki daerah kekuasaan, kecuali terdapat surat keterangan resmi yang telah dikeluarkan oleh Perusahaan untuk menyatakan hal tersebut;
  • Bertanggungjawab dalam segala akibat yang ditimbulkan dalam melakukan aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh Perusahaan;
  • Dalam hal terjadi konflik dan/atau pelanggaran terhadap Kode Etik Member, maka Member diharuskan untuk membantu dan bekerjasama dalam setiap investigasi yang dilakukan oleh Perusahaan;
  • Member diwajibkan mematuhi ketentuan perpajakan, sebagai berikut:
  1. Member diwajibkan untuk memenuhi ketentuan perpajakan berdasarkan peraturan dan Undang-Undang Pajak yang berlaku bagi setiap warga Negara Indonesia, salah satunya dibuktikan dengan NPWP;
  2. Sehubungan dengan pemotongan pajak, setiap NPWP hanya berlaku bagi pemegang yang namanya tercantum dalam kartu NPWP. Apabila seorang Member tidak mempunyai NPWP maka Perusahaan berhak untuk mengenakan pemotongan pajak dengan tarif lebih tinggi sesuai dengan peraturan perundang – undangan pajak yang berlaku bagi setiap warga Negara Indonesia;
  3. Member diwajibkan untuk menyerahkan Surat Pernyataan Tidak Memiliki Penghasilan Lain, selain dari Perusahaan;
  4. Apabila Member tidak menyerahkan Surat Pernyataan Tidak Memiliki Penghasilan Lain, Selain dari Sophie Paris, maka pajak penghasilan atas bonus tidak mendapat pengurangan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP);
  5. Surat Pernyataan Tidak Memiliki Penghasilan Lain, Selain dari Sophie Paris harus diisi lengkap, ditandatangan di atas materai dan disertai dengan fotocopy KTP, NPWP, dan KK;
  6. Perusahaan akan melakukan prosedur pemotongan pajak atas Member sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku;
  7. Segala konsekuensi yang ditimbulkan karena kelalaian Member dalam memenuhi ketentuan perpajakan menjadi tanggung jawab Member;
  • Bekerjasama dan menjaga keutuhan serta keharmonisan dengan sesama Member;
  • Dalam menjual produk wajib memberikan informasi yang benar dalam menjelaskan kualitas, daya guna, cara pemakaian, dan kandungan dari produk-produk yang dipasarkan Perusahaan. Member tidak boleh membuat suatu penjelasan sendiri berkenaan produk yang dijual, selain dari yang tertulis pada label produk atau brosur-brosur resmi yang dikeluarkan oleh Perusahaan;
  • Mensponsori, memberi pelatihan, membimbing Dowline di bawahnya;
  • Bertanggung jawab untuk tidak membuat alat bantu apapun baik berupa gambar, visual, atau apapun tanpa mendapatkan izin tertulis terlebih dahulu dari Perusahaan;
  • Bertanggung jawab untuk tidak menjual atau mengedarkan produk yang tidak layak pakai/ konsumsi;
  • Untuk mematuhi dan memahami segala ketentuan dan syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan.

 

  1. Hak:

  • Mendapatkan perlakuan yang sama sesuai dengan tingkatan posisi Member yang dimiliki;
  • Untuk menentukan pilihan kepada siapa dan dengan siapa melakukan aktivitas dalam menjalankan bisnis tersebut;
  • Mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan;
  • Menerima bonus sesuai jadwal dan ketentuan perusahaan atas usaha dari Member untuk menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan;
  • Mendapatkan semua penjelasan dan informasi yang jelas dari Perusahaan mengenai produk-produk yang dimiliki oleh Perusahaan yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut;
  • Mendapatkan pelatihan, bimbingan, pengarahan mengenai sistem bisnis yang ada pada Perusahan baik dari Perusahaan maupun dari Upline/Sponsor masing-masing Member;
  • Dapat mengembangkan jaringan dalam jumlah yang tidak terbatas di seluruh wilayah Indonesia.

 

Pasal 6. Kewajiban dan Hak Perusahaan

  1. Kewajiban:

  • Memberikan Bonus/Komisi/Reward atas pencapaian usaha yang dilakukan oleh Member sesuai dengan yang telah tercantum dalam Marketing Plan Perusahaan;

  • Memberikan informasi dan panduan yang jelas kepada Member tentang usaha, Marketing Plan, dan produk-produk yang terkait dengan menjalankan bisnis Perusahaan;

  • Menyediakan produk yang baik dan berkualitas (memenuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku Indonesia) serta alat Welcome Kit yang diperlukan untuk Member dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya;

  • Memberitahukan setiap kebijakan beserta perubahanannya dalam kurun + 30 hari sebelum diberlakukan;

  • Memproses pemesanan produk, pengembalian barang (garansi), tukar ukuran sesuai dengan ketentuan;

  • Mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia untuk menjalankan usaha dan melakukan pembinaan Member;

  • Menyediakan bimbingan dan pelatihan bagi Member yang berguna bagi pengembangan bisnis/jaringan penjualan langsung yang dikembangkan Perusahaan antara lain seperti Training Level dan Beauty Training, serta lain sebagainya, yang lebih lanjut dapat dilihat dalam Welcome Booklet.

  1. Hak:

  • Menerima/menolak, menyimpan, menggunakan semua aplikasi pendaftaran beserta data-data anggota Member yang yang diberikan pada saat pendaftaran untuk keperluan Perusahaan;

  • Mendapatkan data dan informasi yang benar dan sesuai dengan keperluannya;

  • Mengubah kebijakan, prosedur, program, kompensasi dan/atau Perjanjian dengan Member;

  • Menahan bonus yang didapat oleh Member, mencabut keanggotaan, apabila Member tersebut telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik dan ketentuan-ketentuan Perusahaan dalam menjalankan kegiatan usaha penjualan langsung dan/atau pengembangan jaringan;

  • Mengambil tindakan/menjatuhkan sanksi jika Member melakukan pelanggaran dalam menjalankan usahanya tidak mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

 

Pasal 7. Pengakhiran Keanggotaan Seorang Member

  1. Member dapat mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai mitra usaha Perusahaan dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan tertulis kepada Perusahaan.

  2. Jika Member melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang telah diatur oleh Perusahaan, maka Perusahaan berhak untuk melakukan teguran dan melakukan pengakhiran status sebagai Member.

  3. Seorang Member yang mengundurkan diri atau diberhentikan oleh Perusahaan, dapat mengembalikan sisa produk yang belum terjual kepada Perusahaan dalam kondisi baik dan layak jual termasuk bahan materi promosi, Welcome Kit yang dibeli dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, dan Perusahaan akan membeli produk tersebut dipotong biaya administrasi 10% dari harga pembelian bersih, dan dipotong juga biaya setiap manfaat yang telah diterima, dan kewajiban-kewajiban yang belum diselesaikan oleh  Member (Buyback Guarantee).

  4. Jika dalam waktu 12 (Dua Belas) bulan dari waktu pengunduran Member tidak mengaktifkan kembali statusnya maka Member harus melakukan pendaftaran ulang untuk menjadi anggota Perusahaan sesuai dengan ketentuan pada Pasal 3 ayat 3.1.

  5. Untuk semua jenis pengakhiran keanggotaan seorang Member, maka dengan ini Perusahaan dan Member sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 KUH Perdata.

  6. Untuk pengakhiran keanggotaan seorang Member karena diberhentikan oleh perusahaan atau pengunduran diri, maka Member sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1267 KUHP.

  7. Member yang sudah mengundurkan diri, diberhentikan ataupun tidak aktif mengembangkan bisnis Perusahaan tidak menghapus segala kewajibannya terhadap Perusahaan.

  8. Seorang Member yang bermaksud berhenti/ mengakhiri keanggotaannya (dengan mengundurkan diri) di bawah Upline/Sponsor yang ada harus melewati tenggang waktu maksimal 6 bulan non-aktif terhitung sejak surat pengunduran dirinya diterima oleh Perusahaan, dan sebelum yang bersangkutan dapat mengajukan permohonan kembali menjadi Member di bawah Sponsor baru.

  9. Prosedur Pengunduran diri atau pemberhentian Member dapat dilakukan dengan mengajukan Surat Permohonan bermaterai Rp 6.000, - dengan mencantumkan persetujuan dari Upline dan dikirimkan ke Perusahaan atau melalui email untuk proses review dan setelah mendapat persetujuan dari Perusahaan dalam kurun waktu maksimal 3 bulan, pemberhentian tersebut sudah dapat efektif berlaku bagi Member yang mengajukan tersebut.

 

Pasal 8. Ahli waris & Penghibahan

1. Seorang Member baik yang sudah menikah / belum menikah / sudah bercerai dapat menunjuk nama ahli waris, yang kemudian akan dijadikan acuan oleh Perusahaan apabila Member meninggal dunia atau sudah berusia 65 tahun dan/ atau secara medis sudah tidak mampu lagi menjalankan kegiatannya sebagai Member. Ahli waris yang dapat ditunjuk adalah keluarga sekandung berdasarkan garis keturunan kebawah, keatas, kesamping dan diakui oleh negara, sebagai berikut:

  • Golongan I terdiri dari suami istri dan anak-anak beserta keturunannya;
  • Golongan II terdiri dari orang tua dan saudara-saudara beserta keturunannya;
  • Golongan III terdiri dari kakek, nenek serta seterusnya ke atas;
  • Golongan IV terdiri dari keluarga dalam garis menyamping yang lebih jauh, termasuk saudara-saudara ahli waris golongan III beserta keturunannya.

2. Jika nama ahli waris tidak diinformasikan kepada Perusahaan, maka yang berhak menjadi ahli waris dari Member yaitu dalam satu garis keturunan. Apabila terjadi perselisihan tentang siapa yang menjadi ahli waris yang berhak menerima pewarisan setelah seorang Member meninggal dunia, maka Perusahaan hanya mengakui ahli waris berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Selama proses penetapan pengadilan, Perusahaan berhak menahan/membekukan keuntungan apa saja termasuk Bonus /Komisi dan akan membayarkan sampai diperoleh keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum.

3. Jika terjadi sengketa oleh pihak lain perihal ahli waris ini maka Perusahaan akan mengikuti keputusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap dan mengikat.

4. Jika penerima ahli waris yang ditunjuk juga meninggal, maka Perusahaan akan menunjuk ahli waris terdekat atau berdasarkan hasil musyawarah para ahli waris yang ada (dibuat di hadapan Notaris).

5. Jika penerima ahli waris ternyata telah menjadi Member maka yang bersangkutan wajib memilih status Member dari salah satu diantaranya.

6. Seorang ahli waris untuk dapat meneruskan kegiatan usahanya dan/atau menerima penghasilan dari Perusahaan diharuskan minimal berusia 17 tahun dan cakap hukum, jika belum cakap hukum maka akan dikelola oleh wali yang ditunjuk.

7. Seorang Member dilarang mengalihkan, menghibahkan atau mengalihkan hak lainnya sebagai seorang Member kepada orang lain tanpa persetujuan tertulis dari Perusahaan.

 

Pasal 9. Pengalihan Member

  1. Sesuai Pasal 8 di atas pengalihan status Member dapat terjadi karena sebab-sebab sebagai berikut:

  • Jika seorang Member meninggal dunia;

  • Jika seorang Member sudah mencapai usia 65 tahun dan/atau secara medis sudah tidak mampu lagi menjalankan kegiatannya sebagai Member;

  1. Prosedur pengalihan Member:

a. Untuk proses pengajuan ahli waris, maka ahli waris yang ditunjuk untuk menerima pewarisan dapat mengirimkan Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000, - dan dikirim melalui email Perusahaan untuk menginformasikan pewarisan ini. Dalam + 14 hari kerja ahli waris akan dihubungi kembali untuk datang ke Perusahaan dengan minimal membawa dokumen-dokumen penunjang yang diperlukan, yaitu:

  1. Copy legalisir Surat Kematian Member (apabila pewarisan karena Member meninggal dunia);

  2. Copy Legalisir Akta Waris / Akta Hibah (yang dibuat di hadapan Notaris);

  3. Copy Legalisir Kartu Keluarga;

  4. Asli Kartu Anggota Member dan ahli waris / wali;

  5. Asli KTP Member dan ahli waris / wali;

  6. Copy buku tabungan atas nama ahli waris / wali;

  7. Copy NPWP atas nama ahli waris;

b. Perusahaan akan memproses permohonan yang diajukan oleh ahli waris / wali dalam waktu + 14 hari kerja dan setelah diperoleh keputusan atas permohonan tersebut, Perusahaan akan mengirimkan pemberitahuan melalui email ahli waris / wali waris.

 

Pasal 10. Pensponsoran Yang Tidak Sah Dan Sanksinya

  1. Pensponsoran yang tidak sah dalam konteks berikut adalah mensponsori seorang Member yang sudah menjadi Member pada jaringan / group lain.

  2. Perusahaan berhak untuk mengambil tindakan atas penyeponsoran yang tidak sah, adalah sebagai berikut:

a. Status sebagai Member akan dicabut atau dibatalkan;
b. Mengeluarkan Surat Teguran dan/atau menjatuhkan sanksi kepada semua pihak yang terlibat;
c. Tidak membayarkan bonus yang telah muncul.

 

Pasal 11. Pembelian Produk

  1. Member hanya dapat membeli produk dari produk–produk dari Perusahaan dan/atau gerai resmi yang ditunjuk oleh Perusahaan atau melalui website resmi www.sophieparis.com untuk setiap transaksi Member dengan metode pembayaran yang telah disediakan.

  2. Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap segala pembelian atau pendaftaran Member baru yang tidak dilakukan di tempat yang ditunjuk Perusahaan.

  3. Setiap pembelian produk yang dilakukan Member di outlet resmi, Member akan menerima faktur sebagai bukti pembayaran yang sah.

  4. Harga produk bagi Member yang tercantum dalam daftar harga yang dikeluarkan Perusahaan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn).

  5. Member yang telah melakukan pembelian produk diberikan waktu selama 14 (empat belas) hari sejak tanggal pembelian untuk mengembalikan produk yang sudah dibeli apabila produk tersebut terdapat cacat bawaan dari pabrik (produk yang dikembalikan harus dalam keadaan seperti semula).

 

Pasal 12. Penjualan Produk

  1. Member tidak boleh menjual atau memajang produk-produk Perusahaan yang dijual melalui sistem penjualan langsung di toko-toko pengecer yang memiliki jaringan nasional dan/atau marketplace. Seorang pemilik toko yang menjadi Member perusahaan, hanya diperbolehkan memajang brosur dan kartu nama, tetapi tidak diperkenankan memajang produk perusahaan di tokonya, pelanggaran atas hal ini dapat berakibat pada pemutusan hubungan sebagai Member oleh Perusahaan.

  2. Pada saat menjual produk, Member harus Memberikan informasi yang benar dalam menjelaskan kualitas, daya guna, cara pemakaian, dan kandungan dari produk yang dipasarkan Perusahaan, Member tidak boleh membuat suatu penjelasan sendiri berkenaan dengan produk yang dijual, selain dari yang tertulis pada label produk atau brosur-brosur resmi yang dikeluarkan Perusahaan.

  3. Member tidak dibenarkan untuk menurunkan atau menaikkan harga jual produk, apabila tindakan tersebut terbukti mengakibatkan kerugian Perusahaan dan Member, maka Perusahaan berhak mencabut langsung status Member yang bersangkutan.

  4. Member dilarang mengemas ulang produk, mencabut dan atau mengganti segala label atau stiker yang tertera pada setiap kemasan produk, brosur ataupun alat bantu jual lainnya yang dikeluarkan Perusahaan.

  5. Member dilarang menjual produk yang sudah kadaluarsa atau rusak.

  6. Member diperbolehkan untuk mengikuti atau mengadakan pameran atau bazaar untuk menjual produk dengan persetujuan Perusahaan.

 

Pasal 13. Jaminan Kepuasan

  1. Setiap produk Perusahan memiliki jaminan kepuasan pelanggan yaitu pengembalian produk yang telah dibeli Member maupun konsumen apabila produk yang diterima dalam keadaan cacat dari pabrik.

  2. Jaminan ini tidak berlaku untuk produk yang dirusak dengan sengaja, disalahgunakan atau disimpan di tempat yang tidak sesuai dengan aturan dari Perusahaan.

  3. Perusahaan memberikan garansi maksimal 30 hari sejak produk diterima oleh Member.

  4. Untuk pengajuan garansi, Member dapat mengirimkan foto produk yang cacat ke Sophie Care (sophiecare@sophieparis.com) atau datang ke gerai resmi yang ditunjuk oleh Perusahaan.

  5. Bila pengajuan garansi diterima, maka 100 % uang akan dikirimkan (transfer) dalam waktu 10 hari kerja ke rekening Member yang terdaftar di Perusahaan, atau 1x24 jam ke Sophie Pay, jika Member sudah memiliki akun online atau produk pengganti akan dikirimkan dalam +14 hari kerja, apabila stock produk masih tersedia.

  6. Kriteria produk yang dapat diajukan Garansi dan alur proses tukar ukuran lebih lanjut diatur di dalam Welcome Booklet.

  7. Memberi kompensasi berupa ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan produk dan/atau jasa yang diperdagangkan, akibat kesalahan Perusahaan.

 

Pasal 14. Penggunaan Iklan, Merek Dagang, dan Logo

  1. Member tidak diperbolehkan menyalahgunakan nama dagang atau hak milik intelektual atau hak milik informasi Perusahaan. Merupakan pelanggaran bagi Member menggunakan nama dagang atau hak intelektual atau hak informasi yang merupakan milik atau dibawah lisensi Perusahaan kecuali sesuai dengan persyaratan, kondisi dan prosedur termasuk Peraturan yang berlaku.

  2. Member tidak diperbolehkan menggunakan, sehubungan dengan usaha penjualan langsung yang dikembangkan Perusahaan atau bisnis lain (termasuk tetapi tidak terbatas pada, kendaraan, counter, daftar telepon, tempat tinggal atau alat tulis) dan/ atau sehubungan dengan produk, nama Perusahaan, atau nama dagang, perangkat jasa atau hak milik intelektual yang merupakan milik atau terdaftar sebagai milik Sophie Paris tanpa persetujuan tertulis dari Perusahaan, oleh karenanya Perusahaan mempunyai kewenangan penuh untuk menarik persetujuannya.

  3. Member tidak diperbolehkan memasang spanduk, papan nama, atau sejenisnya dengan memakai nama, logo, lambang, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan Perusahaan, di kantor, rumah, toko, atau tempat- tempat lain yang serupa, kecuali di tempat-tempat yang telah disetujui resmi secara tertulis oleh Sophie Paris.

  4. Member dilarang keras menggunakan nama, logo, lambang, alamat, terutama untuk memproduksi, menjual atau mengusahakan dari sumber lain produk-produk yang dijual oleh Perusahaan maupun alat bantu produksi sebelum mendapatkan izin secara tertulis dari Sophie Paris terlebih dahulu.

  5. Semua produk Sophie Paris telah didaftarkan di instansi yang berwenang baik Merek, Logo, maupun Izin Dagangnya.

  6. Member menyadari dan menyetujui bahwa Sophie Paris adalah pemegang lisensi untuk merek dagang tertentu termasuk, misal logo, perangkat jasa dan hak milik intelektual dan industri, termasuk nama Sophie Paris, dan berbagai merek dagang, nama dagang dan perangkat jasa yang digunakan sehubungan dengan produk dan jasa Sophie Paris, dan berbagai desain label. 

 

Pasal 15. Bonus Member

  1. Setiap pembelanjaan Member di bulan periode berjalan yaitu dari awal hingga akhir bulan kalender akan dimasukkan dalam perhitungan bonus.

  2. Tutup poin yang harus dilakukan Member sesuai dengan peringkat Member yang berlaku.

  3. Pembayaran Bonus oleh Perusahaan kepada Member akan dilakukan melalui Bank transfer atau media lain yang ditentukan dan disediakan oleh Perusahaan seperti (Sophie Pay).

  4. Untuk pembayaran bonus akan dibayarkan pada tanggal 5 di setiap bulannya.

  5. Perusahaan akan mengeluarkan bonus yang didapatkan oleh pihak Member pada minggu selanjutnya sesuai dengan waktu pembayaran bonus yang telah dijadwalkan oleh perusahaan. Segala biaya yang dibebankan oleh bank terhadap pengiriman bonus menjadi beban dan tanggung jawab Member yang bersangkutan, dimana biaya tersebut akan dipotong langsung dari bonus tersebut.

  6. Perusahaan mempunyai hak untuk tidak mengirimkan bonus yang dihasilkan oleh seorang Member yang telah mengundurkan diri atau diberhentikan oleh Perusahaan.

  7. Segala beban pajak yang dikenakan pada setiap Bonus yang diterima oleh Member, akan menjadi tanggung jawab bagi setiap Member yang menerima Bonus.

 

Pasal 16. Kegiatan Yang Dilarang

Member dilarang untuk:

  1. Melakukan aktivitas yang dapat merugikan Sophie Paris secara materil maupun immateriil;

  2. Melakukan kegiatan yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia, sehingga mengganggu reputasi Sophie Paris sebagai mitra kerja Member;

  3. Terlibat dalam praktek dagang yang melanggar hukum seperti halnya usaha yang ilegal, terlibat dalam kegiatan bisnis yang ilegal atau tidak sah menurut hukum;

  4. Bertindak mewakili Perusahaan dalam suatu kegiatan, pembuatan perjanjian, wawancara dan atau promosi dalam bentuk apapun kecuali mendapat izin tertulis dari Perusahaan;

  5. Member tidak diperbolehkan melakukan praktek perekrutan dan penjualan yang menyesatkan, mengecoh atau tidak pantas;

  6. Member tidak diperbolehkan memasang iklan atau sejenisnya untuk mencari/memperoleh calon-calon Member yang seolah-olah memberikan suatu lowongan pekerjaan baru;

  7. Member tidak diperbolehkan membuat penawaran menjual produk / jasa Perusahaan yang tidak tepat dan tidak sesuai seperti halnya membuat pernyataan yang tidak sesuai mengenai produk, harga, kualitas, standar, isi, model, negara asal dari produk atau produk yang didistribusikan oleh Perusahaan;

  8. Member dilarang menggunakan produk Perusahaan untuk kegiatan pengumpulan dana. Pengumpulan dana termasuk penawaran untuk membeli produk/ jasa Perusahaan yang berdasarkan pernyataan bahwa semua atau sebagian dari keuntungan, hasil penjualan, bonus atau keuntungan yang dihasilkan lewat penjualan semacam itu akan menguntungkan satu jaringan atau organisasi tertentu;

  9. Memanfaatkan pengetahuan dari Member lain atau menghubung-hubungkan dengan Member lain, untuk mempromosikan dan memperluas jaringan bisnis lain;

  10. Selama menjadi Member atau setelah berakhirnya keanggotaan seorang di Perusahaan, tidak diperbolehkan melakukan upaya pembujukan kepada Member yang terdaftar di dalam jaringan Perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung untuk mendaftar, menjual, atau mempromosikan produk, layanan, atau peluang bisnis dari usaha penjualan langsung dari perusahaan lain ataupun tidak ditawarkan atau dipasarkan oleh Perusahaan. Peraturan ini juga berlaku untuk investasi, sekuritas, dan pinjaman, terlepas sumbernya darimana;

  11. Member tidak diperbolehkan menjual, menawarkan untuk menjual, atau mempromosikan peluang bisnis, produk, jasa lain dengan menghubungkan ke Rancangan Penjualan dan Pemasaran yang dikeluarkan oleh Perusahaan;

  12. Melakukan pemesanan atau pembelian produk atas nama Member lain, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Member tersebut;

  13. Member tidak diperbolehkan memanipulasi Rancangan Penjualan (Marketing Plan), Pemasaran atau sistem dengan berbagai cara yang menghasilkan pembayaran bonus atau pemberian penghargaan yang tidak diperoleh sesuai dengan Rancangan Penjualan, pemasaran, sistem Perusahaan dan/ atau Pedoman Bisnis;

  14. Member tidak diperbolehkan mempromosikan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan bisnis Perusahaan dalam kartu nama dan atribut (spanduk, neon box, flyers dll), termasuk tetapi tidak terbatas pada penempatan informasi, nama dagang, merek dagang, logo atau tanda layanan lainnya sehubungan dengan perusahaan pelatihan atau edukasi, sistem atau program yang dimiliki, dikontrol atau tempat berpartisipasi.

 

Pasal 17. Media Sosial

  1. Media Sosial dapat digunakan untuk membantu Member dalam menjalin komunikasi dengan Member jaringannya (Upline/Downline) dan konsumen lain yang belum menjadi Member. Dalam berkomunikasi tersebut Member diharapkan tetap mematuhi Kode Etik yang sudah ditentukan oleh Perusahaan;

  2. Member dapat berbagi pengalaman dan cerita dengan sesama Member ataupun jaringannya mengenai peluang bisnis yang dikembangkan oleh Perusahaan;

  3. Member dapat memanfaatkan Media Sosial untuk mengembangkan jaringannya, misalnya:

a. Mengundang downline untuk live chat.
b. Memberikan informasi tentang promo yang sedang berlangsung ke jaringan pertemanan di Media Sosial. (Member hanya diperbolehkan Memberi informasi, bukan berjualan, kecuali permintaan tersebut berlangsung di area privat).

4. Media Sosial Member harus bersifat transparan, otentik dan jujur. Account Media Sosial Member harus sesuai dengan nama yang tertera pada ID Member, semua informasi yang diberikan juga harus bersumber pada situs resmi Perusahaan. Member dilarang memalsukan data dan informasi yang bisa merugikan Perusahaan pada media sosial yang digunakannya.
5. Relevan, kredibel dan bernilai tambah. Semua informasi yang diberikan di account pribadi Media Sosial Member harus relevan dengan bisnis itu sendiri. Hal ini untuk menjaga kredibilitas bisnis yang dikembangkan Perusahaan di semua pengguna Media Sosial. Member juga hendaklah memberikan informasi yang memiliki nilai tambah bagi yang membacanya dan berpedoman pada informasi resmi yang tersedia di social media resmi Perusahaan;
6. Mengatur ”privacy setting” agar lebih menjaga keamanan account tersebut dari hacker atau pengguna lain yang tidak bertanggung jawab.
7. Untuk undangan pertemanan maka Member disarankan hanya mengundang orang-orang yang dikenal saja dan tolaklah orang yang tidak dikenal dengan sopan.
8. Jika terhubung dengan Member dari jaringan yang berbeda, rekomendasikan Member tersebut untuk berkomunikasi dengan Upline nya, dan dilarang membuat informasi yang bersifat melecehkan upline dari Member tersebut.
9. Bergabung dengan Media Sosial resmi (Official Social Media) Perusahaan dan bagikan tautan info yang ada pada Media Sosial tersebut di wall atau page account Media Sosial pribadi Member.
10. Bila mendapatkan pertanyaan dari teman mengenai bisnis, produk dan promosi yang diterbitkan oleh Perusahaan namun tidak yakin dengan jawaban atas pertanyaan tersebut, maka teruskanlah pertanyaan tersebut ke Perusahaan melalui email: sophie.care@sophieparis.comatau admin di Media Sosial resmi Perusahaan.
11. Yang diperbolehkan bagi Member dalam Media Sosial:

a. Member Sophie Paris diperbolehkan membuat profil pribadi dan mengungkapkan hubungannya dengan Sophie Paris sebagai member pada account pribadi tersebut;
b. Menggunakan Media Sosial untuk komunikasi dengan Downline, Upline dan jaringan pertemanan lainnya yang sifatnya untuk pengembangan bisnis Sophie Paris;
c. Berbagi pengalaman positif tentang produk dan bisnis Sophie Paris Indonesia yang bertujuan untuk pengembangan bisnis Sophie Paris yang dijalani;
d. Mengajak teman baru untuk online dan merekomendasikan mereka untuk mengunjungi website, facebook, twitter dan social media resmi Perusahaan;
e. Untuk pertanyaan yang bersifat umum dan bisa dijawab, Member Sophie Paris diperbolehkan untuk memberikan bantuan jawaban dengan merujuk pada informasi resmi dari Perusahaan;
f. Dalam mengupload music dan klip video di akun Media Sosial pribadi, Member harus tetap memperhatikan Hak Cipta akan karya tersebut;
g. Member diperbolehkan untuk berinteraksi mengenai peluang Bisnis atau penjualan produk Perusahaan secara pribadi kepada seseorang yang tertarik akan hal tersebut, misalnya melalui pesan pribadi (Direct Message / Inbox), tidak melalui publikasi (di wall Facebook atau di timeline twitter).

12. Setiap content (gambar produk, logo, video, dan lain sebagainya) yang diambil dari website resmi Perusahaan dan dipublikasikan wajib menyebutkan sumber. Contoh, Sumber: www.sophieparis.com.
13. Yang tidak boleh dilakukan

a. Member dilarang berjualan melalui sosial media seperti Twitter, Kaskus, Instagram, Marketplace (Multiply, Olx, Lazada, Tokopedia dll);
b. Mengirim spam – mengirim pesan/link ke pihak yang tidak kita dikenal;
c. Menggunakan merek dagang sebagai, gunakan selalu nama lengkap Anda sesuai identitas pribadi. Orang yang mencari Anda secara online umumnya akan mengingat dan melakukan pencarian menggunakan nama asli Anda;
d. Menggunakan nama Perusahaan sebagai bagian dari nama pada account Media Sosial pribadi Member;
e. Menggunakan gambar ataupun logo Perusahaan sebagai gambar profil di Media Sosial milik Member;
f. Meng-upload video bisnis dan produk yang dijual Perusahaan yang belum disetujui atau belum diupload di account resmi Perusahaan;
g. Member tidak diperbolehkan menyebarkan ujaran kebencian terutama yang terkait dengan SARA (Suku, Ras, Agama), Perusahaan, dan norma kepatutan yang berlaku di lingkungan sosial dan profesional;

14. Perusahaan mengelola situs resmi yang dijadikan media komunikasi antara Perusahaan dengan Member, namun sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebutuhan Perusahaan, situs Media Sosial resmi yang dikelola Perusahaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Website Official : www.sophieparis.com
  2. Facebook: sophieparis
  3. Youtube Channel: sophieparis
  4. Twitter : @Sophie_Paris
  5. Instagram : sophie.paris.id

 

Pasal 18. Sanksi

  1. Sanksi merupakan upaya terakhir yang diambil oleh Perusahaan dan menjadi hak otoritas Perusahaan dalam memberikan tindakan sebagai konsekuensi logis atas segala bentuk pelanggaran terhadap Kode Etik, kebijakan Perusahaan, dan/atau Ketentuan Hukum yang berlaku di Indonesia;

  2. Apabila seorang Member terbukti melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik, kebijakan Perusahaan, dan/atau Ketentuan Hukum yang berlaku di Indonesia, maka Perusahaan berhak Memberikan sanksi berupa:

a. Teguran secara lisan;
b. Peringatan secara tertulis;
c. Larangan menghadiri segala aktivitas Perusahaan atau skorsing;
d. Penghentian atau penundaan pembayaran bonus;
e. Pencabutan status sebagai Member.

  1. Dalam hal sanksi pemberhentian sementara atau pencabutan status Member dapat dilakukan oleh Perusahaan apabila seorang Member terbukti melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Memberikan informasi yang tidak benar pada saat pengisian pendaftaran;
b. Melanggar Kode Etik serta peraturan yang berlaku sehingga menimbulkan kerugian bagi Member lain dan atau Perusahaan;
c. Mencemarkan nama baik Perusahaan termasuk karyawan, manajemen dan Member lain serta menjelek-jelekkan produk dan alat-alat yang dibuat Perusahaan;
d. Menjual produk Perusahaan dengan harga lebih rendah atau dengan sistem yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Perusahaan;
e. Menjual, memamerkan, dan/atau mendisplay produk Perusahaan di toko, kios, supermarket, marketplace atau tempat umum lainnya yang serupa kecuali di tempat yang telah ditunjuk oleh Perusahaan;
f. Mempengaruhi/mengajak Member lainnya, baik untuk menjadi Member Perusahaan MLM lain ataupun memasarkan produk-produk sejenis yang merupakan saingan produk Perusahaan;
g. Memamerkan produk Perusahaan dalam sebuah pameran atau menggunakan merek dan logo Perusahaan tanpa izin tertulis dari Perusahaan;
h. Menjalankan usaha di luar syarat dan ketentuan dari kode etik dan peraturan Member dan/atau bertentangan dengan maksud tersebut, termasuk diantaranya tanpa persetujuan Perusahaan membuat program marketing, program penjualan, program tour dan conference dalam jaringan Member diluar ketentuan Perusahaan;
i. Bergabung atau menjadi anggota dan/atau melakukan penjualan atau pemasaran produk perusahaan penjualan langsung (Direct Selling) termasuk perusahaan dengan sistem pemasaran berjenjang (Multi Level Marketing) dan sejenisnya.

  1. Mekanisme pemberian sanksi oleh Perusahaan kepada seorang Member yang terbukti melanggar Kode Etik dan ketentuan-ketentuan yang berlaku merupakan hak Perusahaan. Segala bonus /komisi yang belum diterima tidak akan diberikan kepada yang bersangkutan terhitung efektif sejak tanggal pencabutan status sebagai Member.

 

Pasal 19. Penyelesaian Perselisihan

  1. Apabila terjadi sengketa antara Member ataupun terlibat dalam kasus yang membutuhkan bantuan dari perusahaan, diharapkan dapat menulis permohonan bantuan secara tertulis kepada perusahaan dalam kurun waktu 3 hari terhitung dari hari terjadinya kasus. Apabila terlambat untuk mengajukan permohonan secara tertulis maka perusahaan akan menimbang berdasarkan keadaan sebenarnya apakah layak untuk diberi bantuan atau tida.

  2. Segala perselisihan yang muncul baik antar Member, ataupun Member dengan Perusahaan akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

  3. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai maka masalah tersebut akan diselesaikan di pengadilan, yaitu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Pasal 20. Penutup

  1. Perusahaan berhak setiap saat untuk melakukan perubahan harga jual produk pada katalog tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Perusahaan tidak akan memberikan kompensasi atau suatu kerugian yang diderita oleh Member akibat perubahan harga.

  2. Dengan diberlakukannya Kode Etik ini, maka Kode Etik yang pernah ada dan berlaku sebelumnya, dinyatakan tidak berlaku lagi.

  3. Perusahaan berhak untuk mengambil kebijakan sendiri terhadap hal-hal yang belum diatur dalam Kode Etik ini, dan dalam hal terdapat inkonsistensi dalam hal pertentangan apapun antara ketentuan apa pun dalam Kode Etik ini dan dalam Kebijakan dan Prosedur, maka Kebijakan dan Prosedur akan berlaku,

  4. Perusahaan mempunyai hak mutlak untuk mengubah dan/atau memperbaharui Kode Etik ini apabila dianggap perlu, dan setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perdagangan.

  5. Hal-hal yang belum tercakup dalam Kode Etik ini, akan diatur dan ditetapkan kemudian.

  Loading...