Sudah Tahu Belum, Bedanya Parfum Berlabel Fragrance Mist, EDT, dan EDP?

parfum

Siapa di antara Sista yang suka mengoleksi parfum dan memakainya sehari-hari? Parfum adalah must have item untuk dipakai sebelum beraktivitas baik untuk wanita maupun pria.

 

Alasannya, parfum diyakini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mood seseorang. Oleh karena itu, saat berkegiatan parfum biasanya sering dibawa dalam tas atau disimpan di meja kerja.

 

Namun, meski mengaku sebagai pecinta parfum, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu cara membedakan parfum dari label atau tulisan yang tertera di botol kemasannya. Seperti Fragrance Mist, Perfume, EDP (Eau de Parfum) atau EDT (Eau de Toilette).

 

Artinya jelas berbeda-beda karena teks atau label ini menjelaskan bahan dan tingkat keawetan aroma parfum setelah disemprotkan. Tentu yang menjadi pembeda utama adalah kadar essential oil yang terkandung di dalam parfum.

 

Untuk tahu lebih jauh tentang perbedaannya, yuk, kita baca terus artikelnya! 

 

Fragrance Mist 

parfum

Wewangian tipe ini mengandung essential oil paling sedikit yaitu dengan kadar 3-7%. Perlu kamu tahu jika kandungan essential oil mampu mempengaruhi aroma dan durasi wangi tersebut menempel di tubuh. Nah, karena kandungan essential oil yang rendah, fragrance mist hanya bertahan kurang lebih 1-2 jam setelah disemprotkan.

 

Untuk itu, jenis wewangian ini sangat cocok banget untuk kamu yang tinggal di daerah tropis dan memiliki jenis kulit kering. Hal ini dikarenakan fragrance mist dapat disemprotkan berulang kali sesuai keinginan dan kebutuhan.  

 

Sophie punya tips agar aroma fragrance mist lebih awet dan maksimal saat digunakan. Caranya, semprotkan setelah mandi saat tubuh masih lembap sehingga fragrance mist bisa lebih meresap ke kulit. 

 

Kedua, pastikan kamu menyemprotkan ke area tubuh tertentu seperti di belakang telinga, leher, pergelangan tangan, di belakang lutut, dan punggung untuk mendapatkan wangi yang lebih awet dan tahan lama.

 

Mau coba fragrance mist beraroma segar dan manis untuk meningkatkan mood kamu? Coba varian First Love Fragrance Mist dari Sophie Paris dengan kandungan white flower, coklat dan musky, yuk!

 

Baca Juga : Tips Supaya Aroma Parfum Tahan Lama Serta Parfum Rekomendasinya

 

Eau De Toilette (EDT)

parfum

Dibandingkan dengan fragrance mist, Eau de Toilette atau biasa juga disebut EDT, adalah jenis wewangian yang ketahanannya ada di tingkat medium. Hal ini dikarenakan EDT mengandung essential oil lebih banyak dibandingkan dengan fragrance mist, yaitu sebanyak 5-8%. Wanginya pun lebih tahan lama dari fragrance mist, yaitu sekitar 3-4 jam.

 

Walau memiliki kandungan essential oil yang lebih tinggi dari fragrance mist, wewangian jenis EDT masih tergolong ringan. Cocok dipakai untuk kamu yang tidak terlalu suka aroma menyengat dan tidak punya aktivitas yang terlalu padat.

 

Nah karena aromanya yang ringan, biasanya EDT punya kemasan kecil sehingga praktis dibawa-bawa dalam tasmu.

 

Selain itu, dibandingkan jenis EDP parfum berjenis EDT bisa jadi alternatif bagi kamu yang punya budget terbatas tapi ingin mencari parfum dengan wangi yang awet.  

 

Eau de Perfume (EDP)

parfum

Berbeda dengan 2 varian yang telah disebutkan diatas, Eau de Parfum alias EDP adalah jenis wewangian dengan ketahanan aroma paling maksimal. 

 

Sebab EDP memiliki kandungan essential oil sebanyak 15-20% dan dapat bertahan sekitar 4-6 jam. Jadi, cocok banget nih untuk kamu yang memiliki aktivitas yang cukup padat selama seharian.

 

Namun, walau memiliki wewangian paling awet, tidak semua EDP berharga mahal. Malah ada sebagian EDP dengan harga terjangkau seperti Amour Eau de Parfum yang bisa memberikan kamu keharuman maksimal sepanjang hari. Cukup dengan Rp 139.900 kamu sudah bisa mendapatkan kesegaran dan aroma parfum yang tahan lama.

 

Tapi, kalau kamu penasaran ingin mencoba parfum lainnya, Sophie Paris punya beberapa pilihannya yang bisa kamu dapatkan di sini. Selamat mencoba!

 

Trending Stories

LATEST FROM SOPHIEPARIS

  Loading...