Ketahui Fungsi dan Bedanya Lip Balm, Lip Liner dan Jenis-jenis Lipstik untuk Sehari-hari

Bicara tentang makeup, tentu salah satu produk kecantikan untuk bibir yaitu lipstik selalu jadi bahasan yang paling populer. Tak cuma jadi kebutuhan harian agar wajahmu selalu terlihat fresh, tapi lipstik juga memiliki begitu banyak warna dan bentuk. 

 

Tapi, bukan cuma lipstik lho. Ada banyak produk kecantikan untuk bibir yang perlu kamu pahami fungsi dan jenisnya. Dari sekian banyak produk di pasaran, mari kita bahas lebih lanjut perbedaan beberapa jenis produk ini! Yuk, baca sampai habis.

 

LIP BALM

Jenis lipstik ini wajib kamu punya untuk dipakai rutin. Alasannya, karena lip balm mengandung vitamin E, butter dan SPF yang berfungsi penting untuk merawat bibir agar tetap lembap, terhindar dari efek buruk sinar matahari dan mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

 

Lip balm umumnya tidak berwarna dan punya tekstur sangat lembut di bibir. Selain berbentuk stick, lip balm juga sering ditemukan dalam wadah pot kecil yang sangat mudah dibawa-bawa di dalam makeup pouch atau tas.

 

Agar bibir selalu sehat dan terawat, pastikan kamu menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik dan gunakan kapanpun saat diperlukan ya supaya bibir tidak kering. 

 

LIPSTIK KONVENSIONAL

Lipstik konvensional atau classic lipstick adalah jenis pewarna bibir yang paling diminati dan eksis hingga saat ini. Jadi, tidak heran kalau setiap wanita punya setidaknya 1 jenis lipstik konvensional di makeup pouch-nya.

 

Cara pakainya juga sangat praktis, cukup membuka tutup kemasan dan memutarnya saat mau digunakan. Bahkan, kamu cukup menggunakan satu tangan untuk menggunakan lipstik jenis ini. Semudah itu ya!

 

Walau dikenal sebagai lipstik ‘jadul’, tapi lipstik konvensional ini memiliki banyak pilihan warna serta berbagai macam tekstur seperti glossy, satin, creamy dan matte.

 

Warna yang ditinggalkan lipstik di bibir juga biasanya lebih pekat, dengan kandungan yang lebih lembap dan membuat bibir tidak mudah pecah-pecah. Inilah mengapa lipstik cenderung memiliki sentuhan glossy yang menawan ketika digunakan.

 

LIP CREAM

Bagi para beauty enthusiast pastinya sudah tidak asing lagi dengan produk lip cream? Yup, karena sejak beberapa tahun belakangan, pewarna bibir jenis ini memang sangat diminati banyak wanita dari berbagai kalangan.

 

Mirip dengan tekstur lipstik konvensional, hanya saja lip cream memiliki tekstur lipstik yang lebih cair atau creamy dibandingkan dengan lipstik konvensional yang cenderung lebih padat. Hal ini jugalah yang membuat lip cream membutuhkan aplikator saat pemakaian.

 

Bukan cuma itu saja, lip cream biasanya dikemas dalam tube bening yang membuat kita mudah melihat warna tanpa membuka kemasannya. Dan juga memiliki packaging khas dari setiap brand kosmetik. Lip cream juga jadi favorit untuk dibawa kemanapun termasuk saat traveling. Alasannya, kemasan lip cream lebih aman dibanding lipstik konvensional yang rawan patah karena berbentuk tube. 

 

Selain travel friendly, kelebihan dari lip cream adalah daya tahannya yang lebih lama saat diaplikasikan ke bibir, bahkan setelah makan dan minum. Hal ini berbeda dengan jenis lipstik lainnya yang mudah pudar.

 

Teksturnya yang creamy dan juga hadir dengan warna matte, glossy maupun metallic juga membuat produk ini sering disebut sebagai 3 in 1 lipstik karena mudah dibaurkan jika ingin memakainya sebagai eyeshadow maupun blush on.

 

Caranya, cukup tap perlahan di area kelopak mata dan tulang pipi, lalu baurkan merata dengan jari. Taraa…! Wajahmu jadi lebih fresh dengan warna senada deh. Fungsional banget, kan? 

 

LIPNICURE

Salah satu rangkaian lipstik cair dengan nama Lipnicure Lip Color ini memiliki tekstur yang lebih cair daripada lip cream, bahkan mirip seperti air.

 

Untuk packaging, lipnicure dikemas dalam botol transparan berukuran kecil sehingga memudahkan kita untuk melihat isi dan warna di dalamnya serta dilengkapi aplikator melengkung agar lebih mudah saat ingin diaplikasikan ke bibir.

 

Suka dengan produk yang memiliki aroma? Pas banget, karena lipnicure ini punya aroma yang lembut seperti permen karet. Saat diaplikasikan pun, lipnicure ini memiliki warna yang intens sehingga tak perlu mengoleskannya berkali-kali dengan hasil akhir yang matte.

 

Cocok digunakan untuk menghadiri berbagai acara, mulai dari yang formal hingga kasual, lipnicure Lip Color dari Sophie Paris tersedia dalam tiga warna cantik dengan harga terjangkau.

 

LIP LINER

Last but not least, adalah lip liner! 

 

Lip liner memiliki bentuk seperti pensil alis yang biasanya digunakan di sepanjang garis bibir untuk membentuk bingkai bibir sehingga memberikan efek yang lebih rapi ketika memakai lipstik.

 

Selain itu juga, lip liner juga memiliki fungsi untuk meratakan bibir yang tidak simetris, serta membantu mendefinisikan bibir agar terlihat lebih tebal. 

 

Namun karena lip liner cenderung memiliki hasil akhir yang mirip dengan lipstik matte tapi teksturnya lebih lembut, warnanya pun biasanya sangat pekat dan tahan lama. Karena itulah, produk ini juga bisa digunakan sebagai pengganti lipstik, atau juga dijadikan dasar agar lipstik lebih awet.

 

Nah, gimana sudah tahu kan bedanya lip produk yang selama ini kamu dengar? Jadi jangan sampai salah lagi ya untuk membeli dan menggunakannya!

 

 

Trending Stories

LATEST FROM SOPHIEPARIS

  Loading...