Mau produk Sophie Paris yang terkini dan banyak diskon? Yuk belanja di Sistersel.com! Buruan ya sis, nanti kehabisan loh.

Perbedaan 6 Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

perbedaan jenis masker

Masker adalah salah satu produk skincare yang wajib digunakan setidaknya seminggu sekali dengan banyak fungsi. Mulai dari menutrisi, membersihkan, melembabkan, mengencangkan, mencerahkan hingga menenangkan kulit yang bermasalah. 

 

Apakah Sista termasuk sering menggunakan masker dalam rutinitas perawatan kulit wajah sehari-hari? Ada baiknya teruskan kebiasaan baik ini karena masker memang punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Di pasaran terdapat beragam jenis masker. Dan setiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Seperti masker dalam bentuk bubuk, clay mask, cream mask serta sheet mask yang sedang populer dan tren belakangan ini. 

 

Nah, kira-kira kamu sudah tahu belum perbedaan jenis-jenis masker tersebut dan manfaatnya? Kalau belum tahu Sophie Paris akan membahas perbedaannya berikut ini:

 

Clay Mask :

perbedaan jenis masker

Clay mask adalah jenis masker yang terbuat dari lumpur asli sehingga diyakini mampu membersihkan wajah dari kotoran bahkan hingga ke bagian pori-pori terdalam. Dalam clay mask, kandungan charcoal atau ekstrak arang adalah bahan paling efektif dan paling banyak ditemukan. Alasannya, karena clay mask ini berfungsi seperti magnet untuk membantu menarik kotoran di wajah.

 

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Oleskan clay mask pada wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit dan setelah kering bilas dengan air hangat. Dan buat kamu si pemilik wajah berminyak dan berjerawat, clay mask adalah pilihan yang tepat untukmu.

 

Peel Off Mask :

perbedaan jenis masker

Walaupun mirip dengan proses peeling, namun masker peel off pada umumnya hanya mengangkat sel kulit mati di lapisan bagian terluar kulit. Selain itu, biasanya peel off mask memiliki banyak jenis dengan manfaat beragam. Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, komedo maupun kotoran, tapi peel off mask juga efektif dalam melembabkan kulit, lho.

 

Aplikasikan masker secara menyeluruh ke kulit wajah dan diamkan selama beberapa saat hingga mengeras. Setelahnya, kamu harus mengelupas masker dari wajah dengan cara digosok atau diangkat. Sesuai fungsinya peel off mask ini cocok untuk semua jenis kulit wajah. Tapi, hati-hati untuk kamu yang memiliki kulit sensitif ya karena beresiko menimbulkan kemerahan di wajah saat proses ‘peel off’ atau ketika masker diangkat. '

 

Sleeping Mask :

perbedaan jenis masker

Sleeping mask sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit sangat kering, karena dapat digunakan sebagai pelembab di malam hari. Alasannya, karena sleeping mask diformulasikan dengan asam hialuronat untuk membantu melembabkan kulit. secara ekstra yang dapat memberi nutrisi lebih pada kulit sepanjang malam saat tidur.

 

Untuk mengatasi kulit kering, oleskan sleeping mask ini 2 hari sekali agar kulit jadi lembab. Cara menggunakannya, oleskan setelah kamu selesai membersihkan wajah. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya. Sedangkan untuk hasil lebih optimal, sleeping mask juga dapat dijadikan 'produk pengunci' setelah menggunakan produk skincare rutinmu. 

 

Yeay, wajahmu akan tampak lebih cerah dan bersinar. Siap menjalani segala aktivitas dengan wajah yang fresh.

 

Sheet Mask :

perbedaan jenis masker

Masker ini berbentuk lembaran yang biasanya terbuat dari kertas seperti tisu yang telah direndam serum. Masker yang sangat populer beberapa tahun ini memang sangat praktis karena bentuk uniknya menyerupai wajah sehingga sangat mudah dipakai. 

 

Sheet mask cocok untuk pemilik kulit kering karena telah diformulasikan khusus untuk memberi nutrisi pada kulit dengan kandungan asam hyaluronic dan antioksidan yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

 

Simpel dan efektif, kamu cukup menempelkan sheet mask kepada wajah yang telah dibersihkan. Kemudian tunggu sekitar 10-15 menit, lalu angkat masker dan tepuk wajah perlahan agar sisa serum yang menempel dapat meresap sempurna ke dalam kulit. Lanjutkan dengan penggunaan pelembab dan produk skincare routine yang lain agar kamu dapat manfaat yang lebih optimal.

 

Oya, sedikit tips dari Sophie. Dalam penggunaan sheet mask, jangan tunggu masker hingga kering di wajah ya. Sebab malah akan membuat wajah jadi lebih kering. 

 

Cream Mask :

perbedaan jenis masker

Meskipun produk dan penggunanya tidak terlalu banyak, cream mask adalah jenis masker dengan tekstur krim yang lembut dengan sifat yang dapat mengering ataupun tidak.

 

Cream mask ini biasanya memiliki manfaat untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi tampilan keriput atau membantu mengatasi menghilangkan noda.

 

Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan clay mask, yaitu kamu cukup mengaplikasikan cream mask ke wajah, kecuali area mata dan bibir. Lalu diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Oh ya, masker ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit wajah kombinasi.

 

Masker Bubuk :

perbedaan jenis masker

Punya banyak waktu luang sebelum tidur atau dalam keseharian? Gunakan masker bubuk untuk perawatan kulit wajahmu. Masker bubuk terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari sayur, buah-buahan, daun dan bunga yang telah dihaluskan. Untuk penggunaannya, masker bubuk ini, kamu harus mencairkannya terlebih dahulu menggunakan air biasa atau air mawar, kemudian diaduk hingga merata.

 

Kelebihan dari masker ini adalah mampu membuat kulit menjadi lebih kencang, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori serta lebih aman dari bakteri dan jamur karena teksturnya yang masih kering atau bubuk. 

Masker bubuk ini juga menjadi favorit para wanita karena dapat dengan mudah dikombinasikan dengan bahan natural lainnya seperti aloe vera, telur, madu dan lain sebagainya. Ditambah lagi, masker ini punya harga yang terjangkau.

 

Jadi, setelah tahu perbedaan jenis-jenis masker dari artikel diatas, kamu mau mencoba jenis masker yang mana dulu nih? 

 

Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu ya. Sebagai rekomendasi, Sophie Paris juga punya beberapa masker pilihan yang bisa kamu coba di sini

 

 

Trending Stories

LATEST FROM SOPHIEPARIS

  Loading...