Mediana Gunawan

Meidiana Gunawan
VP Fashion Category Sophie Paris Indonesia

Varian produk fashion Sophie Paris yang terdiri dari tas, dompet, pakaian, aksesoris, hingga sepatu, semakin stylish dan beragam. Member dan publik pun kian menunjukkan antusiasmenya terhadap pilihan produk fashion yang bisa dilihat di katalog.

Tentu bukan pekerjaan mudah untuk memilih dan menentukan produk mana saja yang layak jual, bahkan dijadikan unggulan setiap bulannya. Tim PR Sophie Paris berbincang dengan Meidiana Gunawan selaku VP Fashion Category, untuk mengetahui serba-serbi di balik pengembangan produk fashion Sophie Paris.

Mengapa bekerja di Sophie Paris itu menyenangkan untuk Anda?
Saya bergabung dengan Sophie Paris sejak tahun 2008. Awalnya saya bekerja sebagai merchandiser dan sempat berpindah divisi beberapa kali. Akhirnya di tahun 2015 lalu saya menjabat sebagai VP Fashion Category dengan tanggung jawab yang semakin menantang dan alur kerja yang semakin dinamis. Bayangkan, setiap bulan saya bersama tim harus bisa menghadirkan 400 new style dari 9 kategori yang saya pegang! Memang bukan pekerjaan mudah, namun bagi saya sangat menyenangkan untuk dijalani.

Mengapa Anda memilih untuk bekerja di bidang fashion?
Mendesain pakaian sebenarnya telah menjadi hobi saya sejak kecil. Namun pada saat kuliah, orangtua mengharuskan saya mengambil jurusan ekonomi karena dianggap 'aman' untuk masa depan. Saya pun pernah bekerja di perusahaan korporat biasa, namun tidak pernah benar-benar menyukainya. Akhirnya setelah lulus kuliah saya memberanikan diri mengambil kursus fashion. Dengan modal itulah saya nekat melamar kerja di perusahaan retail pada tahun 2002 silam. Sejak itu akhirnya saya sadar bahwa fashion memang bidang yang saya cintai dan saya ingin serius menjalaninya.

Ceritakan tentang koleksi terbaru yang ada di katalog edisi September?
Katalog edisi 155 untuk saya pribadi sangat istimewa, karena edisi ini semacam edisi persiapan untuk menuju koleksi tahun 2017 yang akan lebih seru lagi. Di edisi ini Sophie Martin menjadi highlight untuk kategori tas, pakaian, dan aksesoris. Koleksi yang dihadirkan di sini tidak hanya stylish tetapi juga fungsional, ekonomis, dengan desain yang terkini. Tas Callista (hal.9) contohnya, setiap pembelian tas ini dilengkapi dengan 1 tas berukuran mini dengan desain yang sangat fashionable dan gratis LED bag charm yang menggemaskan.

Selain itu, Cardigan Larrea (hal. 38) dan Dress Kalimeris (hal. 67) juga merupakan must-have item. Keduanya berfungsi ganda, karena bisa dibalik dan dibentuk menjadi beberapa model baju untuk variasi. Pada intinya, Sophie Paris selalu berupaya menghadirkan unique selling point di setiap produk yang dijual untuk memberikan 'nilai lebih' bagi Member.

Sophie Paris Design Fun Facts
-Dalam sebulan total ada 250 desain tas baru yang kemudian dipilih untuk diproduksi oleh Pak Bruno.
-Meski setiap wanita wajib punya tas warna hitam, tapi di Sophie Paris, best seller adalah tas warna merah.
-Semua bahan dan aksesoris yang digunakan, harus melewati tes standard Quality Control Sophie Paris.
-Input dari Member adalah pertimbangan pertama untuk membuat produk baru.
-Semua tas Sophie Paris adalah design dari Paris, dan diproduksi di dalam negeri.

Bagaimana Anda mencari inspirasi untuk menghadirkan produk yang terbaik?
Saya percaya bahwa inspirasi itu tidak ada batasnya. Untuk mengembangkan wawasan, saya bersama tim rutin melakukan riset di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga melihat koleksi terkini di Fashion Week dan juga mencari referensi dari majalah. Apa yang kami temukan di lapangan, akan diolah untuk disesuaikan dengan karakter brand dan konsumen Sophie Paris.

Ceritakan tentang tim Anda dan apa yang sebenarnya dilakukan oleh mereka?
Tim saya terdiri dari kategori leather goods, garment, dan fashion accessories. Kegiatan kami sangat dinamis dan kami rutin mengadakan meeting untuk saling berbagi ide demi menghadirkan new style yang terbaik setiap bulannya. Untuk pekerjaan sebagai merchandiser, memiliki taste yang sesuai dengan identitas brand dan juga ketrampilan dengan angka adalah suatu keharusan. Selain itu ia pun harus menaruh perhatian pada detail dan juga mampu bernegosiasi. Mungkin terdengar 'serius', tetapi sebenarnya sangat dinamis dan menyenangkan.

Tahun 2017 sebentar lagi datang, langkah apa yang akan diambil oleh Sophie Paris untuk terus menjadi pemimpin di segmentasinya?
YangSatu hal yang harus diingat adalah karakter Member Sophie Paris semakin lama semakin 'berani' dengan fashion statement yang ditampilkan. Hal ini bisa dilihat dari produk-produk berwarna striking dan juga berdesain unik yang sangat laris dibeli. Fakta ini sejalan dengan tren tahun depan yang akan lebih 'berani' lagi dalam desain dan corak. Namun persisnya model seperti apa saja yang akan dikeluarkan belum bisa saya ceritakan karena ini harus menjadi kejutan. Jadi harap bersabar, namun bisa pastikan semua Member akan menyambutnya dengan senang! Hehehe...

Bagaimana dengan gaya Anda sehari-hari, ceritakan tentang fashion style Anda?
Untungnya jenis pekerjaan ini tidak mengharuskan saya tampil terlalu formal, karena saya adalah penyuka gaya kasual persis seperti baju-baju yang dikeluarkan oleh Sophie Paris. Saya suka dan bangga mengenakan produk Sophie Paris mulai dari tas, pakaian, dan aksesoris. Hal itu pula yang saya tanamkan ke tim saya dalam mengembangkan produk. Bahwa kita harus suka dahulu dengan produk tersebut agar kita yakin untuk menjualnya dan yakin bahwa konsumen pun akan menyukainya.