Komunikasi adalah sesuatu yang kita lakukan setiap saat di dalam setiap sisi kehidupan kita. Dengan keluarga, teman, bahkan kepada orang yang baru kita kenal.

Berkomunikasi adalah berusaha untuk menyampaikan sesuatu, mengerti tentang sesuatu atau juga meyakinkan akan sesuatu. Dan presentasi adalah suatu bentuk komunikasi yang tidak hanya untuk menyampaikan sesuatu tetapi membuat semua orang yang mendengarkan mengerti, memahami, meyakini dan mejalankan hal yang kita sampaikan.

Kunci sukses dalam presentasi adalah 

1. Persiapan

Kita butuh persiapan yang matang sebelum melakukan presentasi, mulai dari materi yang akan di sampaikan, apakah demo product, training system atau motivasi.

Selain materi, persiapan juga dapat kita lakukan dengan mencoba mengenal audience yang akan mendengarkan presentasi kita, agar kita dapat menyesuaikan cara kita dalam membawakan presentasi sesuai dengan peserta yang hadir . Contohnya : pada saat demo make up kepada mahasiswa di aula universitas, kita harus mengenakan pakaian yang trendy atau smart casual dan membawakan demo dengan pendekatan yang lebih santai dan tidak formal. Dan yang terakhir adalah persiapan perlengkapan, mulai dari product , video pendukung , alur acara dsb

 

2. Teknik penyampaian

Kita tahu setiap audience yang hadir di acara presentasi adalah pribadi yang unik dan berbeda, oleh karena itu kita harus menggunakan teknik yang tepat agar presentasi yang kita sampaikan menarik dan mendapatkan respon yang baik .

Contoh teknik yang baik : menggunakan bahasa tubuh , intonasi suara saat menyampaikan presentasi tidak datar , jangan membelakangi audience , eye contact , buat gurauan kecil diantara sesi presentasi dll

 

3. Closing statement dan summary

Untuk mengetahui apakah presentasi yang kita sampaikan di pahami secara baik , buatlah kesimpulan akhir dari point – point penting yang sudah di sampaikan.

Ajak peserta untuk berpartisipasi dengan menanyakan point – point presentasi yang mereka ingat selama presentasi . Buat komitmen untuk target yang akan dicapai diakhir sesi agar semua yang disampaikan akan menghasilkan sesuatu.