BC Yusron Avianto

BC Yusron Avianto
Grand Executive - Bandung

Saya, yang dulunya bekerja di sebuah group dari perusahaan besar, mengenal Sophie dari istri saya, BC Citra. Ketika istri saya bergabung dengan Sophie di tahun 1997, saya belum melihat peluang bisnisnya. Saya hanya merasa senang bisa memberikan kesempatan kepada istri saya untuk bisa mengaktualisasikan dirinya, mempunyai kegiatan yang juga menghasilkan pendapatan.

Saya ingat bonus pertamanya hanya Rp. 64.000 yang meningkat hingga sebesar Rp.25.000.000 sebulan. Saat omzet kami mencapai lebih dari Rp. 1.500.000.000 di tahun 2003, saya memutuskan untuk bergabung pada tahun 2001 dan menjalankan bisnis Sophie secara profesional dengan berbekal pengalaman kerja di bidang marketing.

Sejak awal saya dan istri saya mulai merekrut orang-orang baru karena ini merupakan bisnis jaringan. Kita harus ingat bahwa kita berbisnis dengan orang, jadi kita harus bisa memotivasi dan menghargai mereka dengan semangat kekeluargaan. Bukan hanya bersatu hanya untuk sekedar mencari uang saja, tetapi juga mencapai kesuksesan bersama. Jaringan kita pasti ingin berkembang dan membutuhkan support. Hal ini adalah tantangan untuk saya untuk merekrut dan membantu jaringan saya yang kapasitas merekrutnya terbatas dan juga kepada down line mereka. Cara yang paling ampuh untuk merekrut adalah dengan sering menyelenggarakan acara, baik di daerah kita maupun di daerah Downline kita. Beginilah cara kami mendapatkan jaringan yang luas dan besar. Duplikasikan para Leader untuk menjalankan acara-acara di setiap harinya dan ikut terjun langsung dalam acara tersebut sesering mungkin.

Kata kunci setelah merekrut adalah follow up. Tantangan tidak selesai setelah merekrut, tetapi justru baru dimulai. Setelah merekrut Member, kenali, bantu dan bimbing supaya mereka bisa menjalankan bisnisnya dengan maksimal. Pikirkan cara-cara kreatif untuk melakukan follow up, seperti memberi hadiah-hadiah kecil jika mereka datang pada acara berikutnya sebagai apresiasi atas waktu yang mereka luangkan.