Penting! Cara Mencuci Sepatu yang Tepat Sesuai Bahannya Agar Tidak Mudah Rusak

Sebagai alas yang melindungi kaki, sepatu wajib digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung, sepatu juga menjadi salah satu item fashion yang mampu menunjang penampilanmu lebih menarik.

 

Tak heran jika perempuan punya lebih dari sepasang sepatu. Tak hanya jumlah dan modelnya yang beragam, jenis bahannya pun berbeda-beda. Sebab perempuan senang memadupadankan sepatu yang cocok dengan busana maupun acara yang dihadiri.

 

Beberapa jenis sepatu tersebut misalnya model sneakers, flat shoes, high heels, boots dan banyak lagi. Untuk bahannya pun beragam, mulai dari canvas, kulit sintetis, suede, dan lainnya. Karena pasti dipakai beraktivitas dengan durasi yang berbeda-beda, sepatu yang dikenakan pun rentan kotor. Debu atau kotoran lain tentu melekat tak hanya pada solnya tapi juga permukaan bahan. 

 

Oleh karena itu, kita harus rutin membersihkannya. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, sepatu yang bersih juga membuatnya awet sehingga tidak merusak penampilanmu.

 

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mencuci sepatu yang tepat sesuai jenis bahannya. Padahal, hal ini sangat penting mengingat setiap bahan memiliki perawatan berbeda sesuai materialnya.

 

Nah, supaya nggak salah lagi, Sophie Paris punya tips cara mencuci sepatu yang tepat sesuai jenis bahannya. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

 

1. Leather (Kulit)

Kamu memang harus lebih sedikit berhati-hati dalam mencuci sepatu jenis kulit (leather).

Hindari mencuci dengan cara menyikat permukaan bahan karena dapat menimbulkan goresan pada bagian kulit. Sebaiknya bersihkan dengan menggunakan kain lap berbahan katun.

 

Caranya, gunakan campuran air dan cuka, lalu celupkan kain atau lap, kemudian bersihkan perlahan pada sepatu, dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. 

 

Nah, jika ada noda membandel, kamu bisa menggunakan sabun atau shampoo untuk mengatasinya. Cara lainnya, kamu juga bisa memakai shoe polish atau lotion khusus sepatu kulit untuk menghilangkan goresan.

 

2. Patent Leather (lapisan mengkilap)

Kamu tidak perlu bingung untuk membersihkan jenis sepatu berbahan lak atau patent leather ini ini, Sis. Caranya tergolong cukup mudah dan sama seperti membersihkan sepatu berbahan kulit, namun bedanya teksturnya mengkilap. 

Pertama, siapkan kain lap yang lembut, lalu usap ke bagian yang terkena noda menggunakan petroleum jelly. Sedangkan untuk area kecil yang sulit terjangkau, kamu bisa coba gunakan cotton bud.

 

Mau hasil perawatan sepatu yang lebih sempurna dan terlihat shiny? Yuk, coba semprotkan sedikit spray khusus sepatu atau glass cleaner (cairan pembersih kaca), agar sepatu tampak seperti baru dan lebih mengkilap!

 

3. Jelly

Salah satu kelebihan dari alas kaki berbahan jelly adalah cara pencuciannya yang sangat mudah. 

Jika ada noda menempel di sepatu, kamu cukup membilasnya menggunakan air hangat dengan campuran sedikit sabun. Sedangkan untuk bagian dalamnya, kamu bisa gunakan sikat gigi dan menyikatnya secara lembut agar tak merusak material jelly. 

 

Nah, jika noda yang menempel pada permukaan sepatumu cukup bandel, ambil sedikit baking soda sebagai solusinya. Cukup rendam sepatu berbahan jelly beberapa saat dalam larutan baking soda, kemudian sikat perlahan hingga noda menghilang.

 

Setelah selesai, biarkan jelly shoes milikmu kering dengan sendirinya dan hindari terpapar langsung sinar matahari. Sebab sinar matahari berisiko membuat bahan jelly mengeras, rentan merusak material hingga bisa membuat warna aslinya pudar.

 

Nah, agar awet meski sedang tidak dipakai atau disimpan dalam waktu yang lama, taruhlah sepatu berbahan jelly di dalam kotak yang bersih. Jangan lupa, lapisi dengan kertas berwarna putih untuk menjaga warna sepatu tetap awet dan cantik.

 

4. Suede (Beludru)

Untuk sepatu berbahan suede, kamu perlu ekstra hati-hati saat membersihkannya agar tidak merusak bahannya. 

Pilihlah sikat khusus berbahan lembut atau bisa juga menggunakan sikat gigi berbulu halus. Sehingga saat menggosok sepatu, busa dan sisa sabun pada sepatu dapat ikut menghilang.

 

Jangan lupa bersihkan sepatu dengan cara sikat dengan satu arah saat membersihkan kotoran. Nah, agar bahan tidak cepat rusak atau kasar, jika masih ada kotoran menempel dan sulit hilang, kamu bisa celupkan lap ke white vinegar (cuka putih) lalu bersihkan permukaan bahan secara perlahan.

 

5. Kanvas

Mencuci sepatu bermaterial kanvas yang biasanya terdapat pada sneakers, ternyata tidak begitu sulit. Kamu cukup menyiapkan air hangat yang dicampur baking soda (atau bisa juga dengan deterjen). 

 

Selanjutnya sikat bagian yang kotor memakai sikat gigi, lalu biarkan mengering sendiri. Nah, jika kamu ingin membersihkan sol sepatu, cukup bilas ke air yang bersih, kemudian gosokkan sol secara perlahan dan keringkan alami agar tidak merusak sepatu.

 

Nah, semoga tips diatas tadi bisa bermanfaat untuk kamu ya! Dan jika kamu sedang mencari sepatu yang cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari, kamu bisa cek di sini untuk dapetin sepatu model terbaru dari Sophie Paris.

 

Trending Stories

LATEST FROM SOPHIEPARIS

  Loading...