bisnis rumahan setelah lebaran

Binis Rumahan - Ada berbagai macam  peluang dan ide bisnis rumahan yang bisa kamu manfaatkan selama bulan puasa. Beberapa diantaranya adalah membuka warung makan, membuka konter pulsa, membuka jasa les privat dan jasa kursus menjahit dirumah. Dari sekian banyak ide bisnis rumahan, ada beberapa bisnis rumahan yang tidak termakan musim atau tren.  Beberapa bisnis rumahan yang memiliki potensi ramai setelah lebaran adalah:

5 Bisnis Rumahan Yang Ramai Setelah Lebaran

1. Boneka

Salah satu ide bisnis rumahan yang sangat potensial adalah usaha membuat boneka. Memang sih, kamu membutuhkan modal sebesar 5-8 juta Rupiah. Modal itu nantinya akan kamu gunakan untuk membeli peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan, seperti kapas, gunting, kain, dan benang.

Untuk mengoptimalkan penjualan kamu, kamu juga bisa memasarkan produk kamu lewat internet, dengan target pembeli di mancanegara. Jika kamu ingin bersaing, pastikan kamu juga memiliki kemampuan untuk membuat boneka dengan kualitas baik,  tidak gampang rusak.

Contoh, boneka wayang Rama & Shinta dijual seharga USD 70 di eBay yang target pasarnya internasional. Padahal, biaya untuk produksi satu boneka paling hanya berkisaran Rp 100 ribu. Itu adalah salah satu contoh betapa menggiurnya bisnis rumahan boneka yang satu ini di saat mengisi bulan suci Ramadhan.

2. Hijab

Jika kamu ingin memulai usaha, tetapi tidak mau repot, tentunya kamu pun juga bisa menjual Hijab tanpa perlu memproduksi sendiri. Dengan modal mulai dari Rp 5-10 jutaan saja, kamu sudah bisa mencari pemasok Hijab di Pasar Tanah Abang maupun Mayestik yang kemudian dijual kembali. Jangan lupa, kamu juga harus pandai dalam urusan tawar-menawar agar bisa membeli dengan harga miring lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Hijab Indonesia sangat disukai di Malaysia, lho. Pasar Brunei juga bagus buat eksportir Indonesia.

Pasar di dalam negeri pun masih bagus karena Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim. Kalau mau menggasak peluang lain, pasarkan juga di negeri yang warganya banyak yang muslim, seperti Malaysia, Brunei, atau Arab Saudi. Nah, usaha menjual Hijab tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang dan uang tambahan selama bulan suci Ramadhan ya.

3. Katering

Peluang usaha lainnya pada bulan puasa yang bisa kamu jajahi ialah membuka usaha catering. Modal bisnis katering memang agak besar yakni sekitar 20-30 Juta Rupiah. Meskipun modalnya terbilang cukup besar karena keperluannya banyak, seperti membeli peralatan masak dan bahan serta gaji asisten. Tapi kalau baru mulai, kamu bisa mencari proyek kecil-kecilan dulu seperti nembusin seminar/workshop, acara buka puasa bersama, dan pengajian,dengan peserta yang kurang dari 50 orang.

Bikin menu yang bahannya berasal dari dalam negeri biar pengeluaran tidak terlalu banyak. Jika kamu memiliki modal lebih dan mempunyai kemampuan atau kenalan yang bisa memasak masakan Negara lain seperti Jepang atau Korea, tentunya hal ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menguntungkan selama bulan puasa, lho.

4. Kerajinan tangan

Bisnis Kerajinan tangan merupakan salah satu bisnis rumahan yang tidak ada matinya. Untuk membuka bisnis yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan material-material dengan bahan murni dari dalam negeri. Kalau bisa bikin sendiri dan mempekerjakan pegawai, tentunya itu pun juga sangat bagus. Tapi kalau tidak bisa, kamu masih bisa mendatangi produk-produk dari sentra usaha kecil-menengah yang berada di daerah.

Orang Barat biasanya suka dengan benda-benda yang eksotis-eksotis yang merupakan ciri khas dari Indonesia, termasuk kerajinan tangan, makanan maupun garmen.

Kamu pun harus tahu, di Sumedang dan Sleman terdapat desa penghasil kerajinan bambu. Kalau mau bisnis kerajinan tanah liat, bisa kulakan di Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Kita harus tahu seluk-beluk kerajinan yang mau ditekuni sebagai bisnis agar bisa memasarkannya dengan baik, syukur-syukur sampai bisa ke negeri tetangga.

5. Bisnis Jual Pakaian 

Peluang bisnis rumahan lainnya pada saat bulan suci Ramadhan yang bisa dilakukan ialah bisnis jual pakaian. Merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Ternyata, masyarakat Indonesia dikenal memiliki daya beli yang tinggi, meskipun perekenomian sedang naik turun. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual pakaian, karena hampir semua orang pasti ingin membeli baju baru untuk merayakan momen lebaran, selain itu bisa juga dikenakan untuk keperluan sehari hari entah ke kantor, kampus, pesta atau untuk hangout bersama teman. Bisnis menjual pakaian merupakan ide bisnis rumahan yang tidak ada matinya.

Itulah 5 ide bisnis rumahan yang bisa jadi referensi kamu saat ingin memulai bisnis dan mengisi waktu luang selama bulan suci Ramadhan. Jika kamu ingin memulai bisnis pakaian, kamu juga bisa mulai menjual pakaian dari brand-brand besar yang memang sudah memiliki popularitas.

Salah satu brand besar yang bisa kamu jual produk pakaiannya adalah Sophie Paris. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi member Sophie Paris. Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp. 70.000,- untuk bisa mendaftarkan diri sebagai member. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan starter pack berupa tas Sophie Paris yang cantik dan serbaguna. Kamu bisa menggunakan tas ini kemana pun kamu pergi untuk membawa barang bawaanmu agar setiap orang tertarik. Selain itu, kamu bisa mengenalkan produk serta bisnis Sophe Paris di mana pun dan kapan pun. Sophie Paris menawarkan banyak produk seperti beauty , fashion untuk pria, wanita, maupun anak-anak, dan homeliving.

Setelah bergabung, kamu akan mendapatkan kartu diskon sebesar 30% untuk semua produk Sophie Paris yang berlaku seumur hidup. Tak hanya itu saja, setiap member yang telah mendaftar akan mendapat katalog Sophie Paris terbaru. Kamu pun bisa memiliki kebebasan finansial dan punya banyak waktu untuk keluarga, karena jam kerja yang bisa kamu tentukan sendiri.

Keuntungan utamanya adalah kamu bisa menerima gajimu setiap minggu dan bulan. Dari sini kamu pun bisa memiliki rumah, motor, atau mobil. Kamu juga masih bisa memiliki kesempatan untuk bisa jalan-jalan gratis ke luar kota dan luar negeri seperti Bali, Singapura, Bangkok, Hongkong, Paris, Amerika, bahkan sampai melakukan umrah ke Mekah setiap tahunnya.