Alban Dudek

Alban Dudek
VP Art ProductionSophie Paris

Desain grafis untuk membuat materi komunikasi, adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis Sophie Paris. Mulai dari katalog, poster, hingga flyers, dibutuhkan waktu hingga sebulan lamanya untuk menghadirkan materi menarik yang terbaik untuk Member.

Mari mengenal lebih jauh kehidupan dinamis Departemen Layout Sophie Paris dan juga sosok pemimpin di belakangnya.

Ceritakan tentang latar belakang Anda hingga akhirnya bergabung dengan Sophie Paris?
Saya belajar Seni ketika masih di Prancis dan telah bekerja paruh waktu di bidang desain sejak masih di sekolah. Memang sejak awal sudah menjadi niat saya untuk mencari peluang kerja di Asia, dan akhirnya saya pindah dari Prancis di tahun 2008 lalu. Pertemuan dengan Arnaud - Creative Director Sophie Paris - beberapa tahun yang lalu saya rasa menjadi pembuka jalan saya hingga akhirnya ada di sini, karena ialah yang mengenalkan saya dengan Sophie Paris. Singkat cerita, akhirnya saya bergabung dengan Sophie Paris hingga hari ini.

Bagaimana dengan tim yang Anda pegang, apa saja yang mereka kerjakan?
Kami adalah keluarga besar yang terdiri dari kurang lebih 45 orang. Mulai dari tim foto studio, tim layout katalog, dan tim retouch. Jika perlu dijabarkan lagi, semua tim itu dibagi lagi ke dalam tim video, tim layout Marketing, tim layout katalog di Negara cabang, dan tim layout katalog Sunday. Semua tim saling berhubungan satu sama lain, dalam arti setelah foto diproduksi, tim layout katalog akan menggunakannya untuk ditampilkan di dalam katalog dan sesudahnya tim retouch akan memasti-kan tampilannya layak untuk berada di dalam katalog. Saya bersyukur dengan kinerja tim yang sangat memuaskan, terlebih lagi dengan timeline kerja yang sangat padat.

Kehidupan kami di sini sangat dinamis dan menyenangkan meskipun selalu berkejaran dengan deadline. Terutama untuk produksi katalog, bayangkan betapa "seru"nya mengerjakan katalog sebanyak 275 halaman dalam waktu hanya 20 hari kerja, dan terus terjadi setiap bulannya.

Bagaimana Anda mengatur koordinasi antar semua tim mengingat semuanya sangat sibuk?
Setiap tim memiliki Manager dan kami mengadakan meeting satu minggu sekali. Jadi meskipun semua sibuk, tapi kami tetap saling update per minggu, meskipun agak sedikit berbeda dengan tim yang mengerjakan katalog. Selalu ada revisi dan informasi baru setiap hari, jadi kami melakukan briefing singkat setiap hari untuk memastikan semua pekerjaan berjalan lancar, dan terutama benar.

Apa yang menjadi tantangan terbesar dalam menghadirkan katalog setiap bulan?
Bagaimana mengerti benar semua produk yang ditampilkan, karena setiap bulan ada kurang lebih 400 produk baru yang harus dijadikan highlight. Tentu yang menjadi target adalah bagaimana membuat semua produk terlihat menarik sehingga bisa menjual, tetapi jangan lupa bahwa tidak semua yang melihat katalog adalah Member. Mereka bisa jadi orang biasa atau calon Member baru, sehingga yang menjadi tantangan selanjutnya adalah bagaimana memastikan mereka semua yang belum bergabung menjadi Member bisa mengerti dan tertarik membeli produknya.

Persepsi seperti apa yang Anda harapkan dirasa oleh publik ketika mereka melihat semua materi komunikasi Sophie Paris?

Modern dan inovatif. Kami terus berkembang dan saat ini tengah menyiapkan tampilan baru katalog Sophie Paris untuk tahun depan, yang lebih segar, modern, dan tentunya inovatif.Saya tidak ingin cerita lebih banyak lagi tentang ini, lebih baik tunggu dan nantikan kejutannya!

Bagaimana Anda mencari inspirasi dan ide-ide baru untuk layout?
Selalu open minded dan ingat bahwa kita memiliki internet. Kami selalu mencari inspirasi baru lewat internet dan memotivasi diri untuk selalu berbagi setiap kali ada ide dan inspirasi baru yang segar. Seluruh tim melakukan riset dengan sangat baik yang membuat proses bekerja terasa semakin seru.

Produk Sophie Paris apa yang menjadi favorit Anda?
Saya punya sling bag ALIVE berukuran kecil yang sangat saya suka. Selain desainnya bagus, saya bisa menaruh dompet, paspor, iPad, dan semua barang yang wajib dibawa untuk travelling di dalam tas itu. Sangat berguna!

Pertanyaan terakhir, jika Anda bukanlah Alban yang sekarang, menurut Anda apa yang saat ini sedang Anda kerjakan dan di mana?
Sebenarnya ada keinginan di dalam diri saya untuk menjadi musisi tapi rasanya terlalu malas untuk berlatih musik. Bisa jadi saya adalah seorang gitaris band terkenal dan saat ini sedang berkeliling dunia menjalankan world tour! Hahaha...