Resep Mudah Membuat Kastangel Kacang Mede

Salah satu kue kering yang cukup populer di Indonesia adalah kastengel, yang dalam proses pembuatannya dipanggang di oven. Kastengel merupakan jenis kue kering yang banyak dijual di toko-toko roti, khususnya saat menjelang hari raya seperti lebaran, natal, dan imlek. Cara pembuatan adonan kastengel mirip dengan adonan nastar, namun yang membedakan, di dalam adonan kue kastengel terdapat keju. Dalam pembuatan kastengel sendiri sebenarnya menggunakan keju yang bervariasi sesuai dengan selera dari yang membuat.  Kamu bisa menggunakan keju cheddar, keju edam, atau keju gouda.

Berdasarkan sejarahnya, kastengel berasal dari Belanda. Nama kastengel sendiri suku katanya berasal dari kaas yang berarti keju dan stengels yang berarti batangan yang berasal dari bahasa Belanda. Di Belanda, panganan ini disebut kaasstengels dan masuk ke Indonesia dikenal dengan kastengel karena menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Di Indonesia, kastengel dibuat dengan ukuran berkisar 5cm. Sementara di Belanda, kastengel panjangnya bisa mencapai sekitar 30cm.

Diperkirakan kastengel masuk ke Indonesia karena diperkenalkan oleh nyonya-nyonya Belanda di masa kolonial penjajahan Hindia Belanda. Setelah sampai di Indonesia, ukuran kue ini dimodifikasi, karena oven yang ada di Indonesia tidak terlalu besar, maka kue kastengel dipotong kecil-kecil sesuai dengan rata-rata oven di Indonesia.

Saat ini sudah banyak variasi kastengel yang ada di pasaran. Bahkan kamu sendiri bisa berkreasi dalam membuat kastengel sesuai seleramu. Salah satu varian yang bisa kamu coba buat adalah kastangel kacang mede. Berikut bahan dan cara membuat kastangel kacang mede yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:

  1. 120gr mentega
  2. 180gr keju edam, parut dengan Handy Grater
  3. 2butir telur
  4. 250gr tepung terigu
  5. 80gr kacang mede yang telah dihaluskan
  6. 80gr margarin

Bahan Olesan:

  1. 2 butir kuning telur
  2. 50gr kacang mede yang telah dihaluskan
  3. 50gr keju edam yang telah diparut

Cara Membuat:

  1. Masukkan margarin, mentega, dan telur ke dalam wadah, kocok sampai berwarna pucat.
  2. Tambahkan keju edam parut ke adonan, kocok selama 20 detik. Setelah itu, pindahkan ke wadah yang lebih besar.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk perlahan menggunakan spatula sampai adonan tercampur rata dan cukup padat siap dibentuk.
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan.
  5. Setelah adonan dicetak, potong-potong sesuai selera (pada umumnya 5cm) dan pindahkan ke atas loyang yang telah diolesi mentega.
  6. Setelah itu, olesi bagian atas adonan yang sudah tercetak dan dipotong dengan kuning telur dan taburi dengan keju edam serta kacang mede.
  7. Setelah itu, panggang dalam oven pada suhu sekitar 150⁰C selama 25 menit hingga kuning kecoklatan atau sampai matang.  Kemudian angkat.

Setelah semua kastengel kacang mede matang, diamkan sebentar dan tempatkan dalam tempat penyimpanan kue yang aman. Bisa untuk sajian di rumah, atau hantaran untuk keluarga besar di acara-acara tertentu saat kamu berkunjung ke rumah mereka.

Untuk tempat penyimpanannya, kamu bisa memanfaatkan produk homeliving Sunday yang diskon 20 persen dari Sophie Paris dengan menjadi member. Selain produk homeliving adapula produk-produk make up dan  fashion untuk pria, wanita, dan anak-anak yang bisa kamu dapatkan langsung dengan harga diskon 30 persen dengan menjadi member. Selain itu, dengan menjadi member kamu pun bisa menerima gajimu setiap minggu dan setiap bulan hanya dengan mengajak teman-temanmu yang lain bergabung dan menggunakan produk Sophie Paris.

Terakhir, kamu bisa jalan-jalan ke Bali, Jakarta, Bangkok, Beijing, Seoul, Yerusalem, bahkan Mekah. Jadi tunggu apalagi? Segera daftar jadi member hanya dengan 70 ribu rupiah dan dapatkan starter pack, kartu diskon, dan katalog.