Ide Bekal Sehat dan Kreatif untuk Anak

Banyak orang tua yang membawakan bekal kepada sang anak untuk pergi ke sekolah. Sebenarnya membawakan bekal makanan ke sekolah untuk anak memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya bisa menghemat uang jajan anak dan serta menjaga kebersihan gizinya terjamin daripada ia membeli makan atau jajan di sekolah. Tidak semua jajanan sekolah terjamin kebersihan dan gizinya. Sekarang banyak pedagang jajanan yang menggunakan bahan-bahan yang tidak aman, seperti pewarna bukan untuk makanan agar warna makanan atau minuman yang ia jual lebih menarik perhatian anak, memakai bahan pengawet secara berlebihan, dan memakai bahan-bahan yang sudah rusak. Bahan-bahan tersebut tentu bisa membahayakan anak dan mengakibatkan anak gampang sakit dan prestasinya di sekolah juga bisa menurun.

Kamu bisa berkreasi untuk membuat bekal yang dibawa anak ke sekolah, ini tergantung dari kreativitas kamu tentunya. Tapi harap selalu diingat, untuk selalu membawakan bekal anak yang terdiri dari gizi seimbang, seperti:

  1. Makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Kamu harus tahu, kalau karbohirat sendiri merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, roti, mie, kentang, dan pasta.
  2. Makanan sumber vitamin dan mineral, seperti sayuran dan buah-buahan dan menjadi sumber serat yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan anak dan mencegah ia dari sembelit.
  3. Makanan sumber protein, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk atau yang sudah rusak.  Protein bisa diperoleh dari daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan lainnya.

Berikut 5 ide bekal sehat yang bisa kamu jadikan referensi:

Omurice

Omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet bisa juga menjadi salah satu pilihan bekal untuk sang anak. Ketika membuat omelet kamu bisa menambahkan sayuran seperti buncis, wortel, brokoli, paprika, kol, selada, dan tomat. Kamu bisa menaruh nasi di atas omelet, lalu gulung. Sebagai lauk tambahan, kamu bisa juga menambahkan sosis atau bola-bola daging. 

Onigiri

Untuk membangkitkan selera makan anak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk makanan menjadi unik, seperti tokoh kartun atau wajah hewan. Tapi, jika kamu merasa terlalu sulit untuk melakukannya, kamu bisa membentuk makanan menjadi segitiga seperti onigiri atau nasi kepal. Untuk memberikan rasa gurih pada nasi, kamu bisa menambahkan nori atau rumput laut. Untuk lauknya, kamu bisa menambahkan ikan goreng tepung dari fillet ikan yang tidak banyak memiliki duri sehingga aman bagi anak untuk memakannya. Untuk sayuran, tambahkan saja tumis brokoli yang dipotong seperti pohon kecil dan wortel yang dipotong panjang. Pasti anak akan menyukainya.

Nasi Bento

Nasi bento bisa menjadi pilihan bila kamu tidak ingin ribet membuat bekal untuk anak ke sekolah. Kamu bisa membuat nugget sendiri di rumah dan menambahkan sayuran seperti wortel, buncis, jagung manis, brokoli, kacang polong, dan lainnya agar lebih bergizi. Campurkan sayuran tersebut bersama gilingan daging ayam, lalu balut dengan tepung. Untuk menambahkan rasa, bisa beri mayonaise supaya rasanya lebih enak. Selain itu, bisa tambahkan timun dan tomat sebagai hiasan.

Mie Goreng

Tak ada salahnya jika kamu membawakan bekal anak mie dengan membuat mie goreng sendiri di rumah dan jangan lupa tambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat. Anak-anak biasanya sangat suka dengan mie. kamu bisa kamu bisa memasukkan sawi, kol, wortel dan kacang polong ke dalam mie goreng tersebut. Untuk menambah selera makannya, kamu bisa menambahkan telur mata sapi atau telur dadar, atau kamu bisa menambahkan seafood, seperti cumi-cumi dan udang, yang merupakan sumber protein.

Roti Sandwich

Bekal tidak melulu harus nasi. Bila si kecil merasa bosan, kamu bisa membawakan roti sebagai bekal anak. Kamu bisa mengisikan roti dengan daging atau telur, keju (sebagai sumber protein dan lemak), dan selada serta tomat (sebagai sumber vitamin dan mineral). Kamu bisa menambahkan mayonaise untuk menambah rasa. Tambahkan juga kentang goreng atau perkedel yang berisi sayuran di dalamnya disamping roti sandwich.

Bagaimana rekomendasi menu bekal untuk anak sekolah di atas, cukup mudah bukan? Makan bekal akan semakin berselera bila kamu juga menaruh bekal di wadah bekal favorit anak. Saat ini wadah bekal favorit anak cukup bervariasi, bahkan bisa menyerupai tokoh-tokoh karakter kartun atau superhero yang disukai anak-anak.

Untuk menyimpan seluruh makananmu inikamu bisa menggunakan produk homeliving Sunday dari Sophie Paris yang diskon 20 persen sebagai member. Selain itu ada pula produk beauty dan produk fashion baik bagi wanita, pria, maupun anak-anak dengan harga diskon 30%.

Keuntungan lain dari menjadi member adalah gaji yang akan terus bertambah seiring meningkatnya jenjang karirmu di Sophie Paris. Hal ini didasarkan pada penjualan dan jumlah teman-temanmu yang kamu ajak bergabung. Terakhir, kamu bisa jalan-jalan gratis ke Bali, Jakarta, Bangkok, Beijing, Seoul, Yerusalem, bahkan Mekah. Nah, segera daftarkan dirimu jadi member hanya dengan 70 ribu rupiah dan dapatkan starter pack, kartu diskon, serta katalog Sophie Paris.